Iklan Layanan Masyarakat

KPU Temanggung Mulai Distribusi Logistik Pemilu
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 11 Apr 2019 70
Blog single photo

TEMANGGUNG,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung terhitung mulai Rabu  (10-4-2019) melakukan pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 20 Kecamatan. Untuk menjamin keamanan pengiriman mendapat pengawalan polisi dari Polres Temanggung.

             Ketua KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf  Hasyim, disela-sela memantau pengiriman logistik Pemilu yang dipusatkan di Gedung Tenis Indoor GOR Bambu Runcing Temanggung mengatakan logistik yang dikirim seperti surat suara, alat coblos, bantalan untuk mencoblos, tinta, serta sejumlah dokumen, ke dalam kotak suara. Untuk surat suara dan kotak suara meliputi untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota. Barang-barang tersebut  kemudian diangkut dengan menggunakan kendaraan truk  yang selanjutnya dikirim  ke tiap-tiap PPK dengan mendapat pengawalan  petugas polisi  2 orang yang melekat di kendaraan truk. Hal itu ditempuh guna memastikan bahwa pengiriman  selamat sampai di tujuan.

          Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan KPU, tahapan pengiriman logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK, akan berlangsung hingga 13 April 2019. Kemudian tahapan pengiriman logistik dari PPK ke PPS di tingkat desa, akan berlangsung sejak 14 April hingga 16 April 2019. Sedangkan distribusi logistik dari PPS ke TPS, hanya dilakukan 1 hari pada 16 April 2019.  Pada Pemilu serentak 2019 ini, di wilayah Kabupaten Temanggung terdapat 2475 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 20 PPK. Dengan jumlah TPS yang mencapai 2475 itu, kotak suara  dan logistik pemilu yang dikemas tersebut sebanyak 12.375 buah

          Dikemukakan pada proses pengepakan12.375 logistik pemilu dan kotak suara tersebut yang dipusatkan di gedung Tenis Indoor GOR Bambu Runcing, pihaknya mengerahkan masing-masing petugas dari Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang dibantu sejumlah tenaga lainnya. Akan tetapi mengingat karena keterbatasan ruangan tidak memungkinkan seluruh 20 PPK se-Kabupaten Temanggung  dan  dibantu tenaga untuk melakukan pengepakan secara bersamaan. Oleh karena itu KPU Temanggung  menjadwalkan masing-masing lima  PPK melakukan pengepakan secara bersamaan dan dilakukan secara bergantian selama 24 jam nonstop.

          “Kotak-kotak suara yang sudah diisi dengan logistik pemilu dan dikemas menggunakan plastic  tersebut , selanjutnya mulai dikirim ke sejumlah PPK, mulai  Rabu hari ini . Kemudian setelah sampai PPK , sesuai jadwal  logistic Pemilu dikirim ke masing-masing PPS Desa/Kelurahan  dan selanjutnya dikirim ke masing-masing  TPS  pada H-1 sebelum hari pemungutan suara“ ujarnya.

          Menurutnya, pihaknya terlebih dulu akan mengirim kotak suara dan logistik pemilu ke sejumlah PPK yang letaknya berjauhan dengan ibukota kabupaten dan selanjutnya ke PPK yang terdekat .Nantinya, di masing-masing TPS akan menerima lima kotak suara yang berisi logistik pemilu  seperti surat suara, alat coblos, bantalan untuk mencoblos, tinta, serta sejumlah dokumen. (Hms19/ Edy Laks)

Sumber : shorturl.at/noqK6

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top