Iklan Layanan Masyarakat

KPU Temanggung Bekali 100 PPK Terpilih Melalui Bimtek

Kamis, 05 Jan 2023 18:42:06 1075

Keterangan Gambar : KPU Temanggung Bekali 100 PPK Terpilih Melalui Bimtek


Temanggung, MediaCenter - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim membuka bimbingan teknis kepada 100 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), bertempat di Ballroom Aliyana Hotel, Rabu (5/1/2023).

Narasumber dalam acara ini, yaitu empat komisioner KPU  Hadziq Widianto, Dian Masithoh Setyatuhu, Henri Sofyan Rais, Adib Masykuri, serta anggota Bawaslu Kabupaten Temanggung, Amin Stiyono, dengan moderator, Plt. Sekretariat KPU Kabupaten Temanggung Bambang Hariyadi.

Anggota KPU Kabupaten Temanggung Divisi Hukum dan Pengawasan Adib Masykuri menjelaskan, pleno di PPK itu bersifat kolektif kolegial, yaitu setiap anggota PPK itu mempunyai hak yang sama, dalam mengajukan usul dan menyampaikan pendapat. 

"Semua mempunyai kesempatan yang sama, keberhasilan PPK adalah keberhasilan semua anggota PPK," tegasnya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Temanggung Amin Stiyono mengungkapkan, kebaikan dari demokrasi adalah menjadikan kekuasaan sebagai sarana untuk menuju kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, karena setiap warga negara memiliki persamaan di depan hukum, mempunyai hak yang sama dalam menentukan kebijakan publik, melalui perwakilan yang disebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Isu yang tren menuju Pemilu 2024 adalah krisis iklim dan bencana alam yang menyebabkan Pemilu susulan. Misalnya, daerah Bejen dan Tretep yang mempunyai kerawanan bencana alam yang sangat tinggi, sehingga potensi menghambat jalannya Pemilu cukup besar. Inilah yang harus diantisipasi oleh KPU," ungkapnya.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim menyampaikan, harapannya berkaitan dengan titik berat profesionalitas dan integritas untuk dilaksanakan secara penuh, supaya nanti dalam menjalankan tugas, antara PPK dan Panwascam saling bersinergi dan berkoordinasi dalam menjalankan regulasi mengenai Pemilu.

"Jaga kekompakkan, kesolidan, dan keprofesionalan, dengan cara mengasah potensi, membaca literasi dan Undang-undang mengenai Pemilu. Dan selalu konsultasi dan koordinasikan kendala di lapangan masing-masing PPK, serta jaga kesehatan," pungkasnya.
(MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top