Iklan Layanan Masyarakat

Koordinasi TPPS Untuk Capai Target Penurunan Angka Stunting

Senin, 22 Agu 2022 15:28:11 301

Keterangan Gambar : Koordinasi TPPS Untuk Capai Target Penurunan Angka Stunting


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq memberikan sambutan dan arahan kepada para Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Temanggung dalam kegiatan Koordinasi Pemantapan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) bertempat di Graha Bhumi Phala, Lingkup Kantor Bupati Temanggung, Senin (22/08/2022).

Bupati menyampaikan, Kabupaten Temanggung tahun 2020-2023 sangat serius untuk menangani masalah stunting, selama pandemi Covid-19, angka stunting mengalami peningkatan.  Fakta di lapangan, karena selama pandemi, program-program pemberian gizi kepada balita, ibu hamil dan juga program sosialisasi kepada ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang mempunyai anak di bawah lima tahun tidak dapat terlaksana dengan baik, karena Posyandu praktis tidak beroperasi.

"Selama pandemi Covid-19 penanganan stunting, baik program maupun kegiatan kurang beroperasi. Sementara kalau sosialisasi melalui media elektronik dan media sosial kurang efektif. Sekarang ini, untuk tahun 2022-2023, yang mana Covid-19 sudah mulai reda, maka kita harus mulai serius mengejar ketertinggalan stunting ini," katanya.

Pemkab Temanggung benar-benar serius dalam hal penanganan stunting, ditandai dengan disahkannya Perbup Nomor 70 Tahun 2021 terkait anggaran dana desa, salah satunya bisa digunakan untuk program-program penanganan stunting, sehingga saling sinergi antara Pemkab Temanggung dengan kelurahan dan desa.

"Dinas Kesehatan harus betul-betul menyampaikan kepada desa, DPPKBPPPA dan PLKB juga agar lebih aktif mendampingi dan memberikan pemahaman kepada Pemerintah Desa tentang teknis program ini. Demikian pula Dinpermades dan para pendamping desa, saya mohon juga memberikan asistensi sebaik-baiknya kepada desa dalam perencanaan dan penganggaran, serta pelaporannya dari kegiatan-kegiatan tersebut,” tegas Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Kepala Desa, karena memang semua program pemerintah ujung tombaknya ada di desa. 

“Terimakasih kepada bapak, ibu semuanya, sudah mendukung kegiatan, baik dari Pemkab sendiri maupun dari pusat. Saya berharap, yang saat ini angka stuntingnya masih 20,5% ditargetkan sampai akhir tahun turun menjadi 10%. Kita lakukan bersama-sama agar program ini tercapai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan,” tandasnya. (MC.TMG/Tfa;Pde;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top