Iklan Layanan Masyarakat

Kominfo Temanggung Terima Tim Asesmen Implementasi TIK dari Kominfo Pemprov Jateng
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 08 Apr 2019 36
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Salah satu langkah yang diperlukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya adalah melakukan pembinaan dan pengawasan asesmen implementasi TIK, sebagaimana arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dirjen Aplikasi Informatika, Direktorat e-Government.

Dalam rangka mendukung implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2107 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, serta penyelenggaraan sistem elektronik yang efektif dan efisien, maka diperlukan adanya Penguatan Manajemen Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang baik di seluruh instansi pemerintah.

Kamis (5/4), bertempat di ruang pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung menerima kunjungan pendahuluan Tim Assesment Implementasi TIK dari Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah. Tim diterima oleh Rahayu Sri Suswaty selaku Kabid Komunikasi, Sutrisno selaku Kabid Informatika dan tim Dinkominfo Temanggung.

Tujuan kunjungan dari Tim Asesmen adalah menjelaskan mengenai tata cara pengisian kuesioner penilaian implementasi TIK, serta menggali lebih dalam mengenai pelaksanaan implementasi TIK di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Sutrisno juga menegaskan nilai kesiapan manajemen tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari berbagai dimensi.

“Dimensi yang kita nilai meliputi dimensi kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan”, tegasnya.

Terdapatnya keseragaman, kesesuaian dengan praktek terbaik, kepatuhan terhadap peraturan perundangan, kesesuaian dengan acuan/standar yang ditetapkan sehingga memudahkan interoperabilitas, pemanfaatan bersama dan keterpaduan. Kesinambungan penyelenggaraan sistem elektronik lebih terjamin sebagai hasil dari perencanaan, monitoring dan evaluasi yang dilakukan sistematis.

Dengan adanya rapat ini juga diharapkan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja berupa akuntabilitas, keterbukaan, kualitas layananan dan produktivitas baik pada tingkat perorangan maupun instansi. (MC TMG/Penulis: Cahya; Foto: Anong; Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top