Iklan Layanan Masyarakat

Kolaborasi dengan Tim KKN Undip, Desa Mondoretno Sukses Lampaui Target Aktivasi IKD

Selasa, 06 Feb 2024 17:42:09 216

Keterangan Gambar : Kolaborasi dengan Tim KKN Undip, Desa Mondoretno Sukses Lampaui Target Aktivasi IKD


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Desa Mondoretno bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro (Undip) 2024 sukses melaksanakan kegiatan aktivasi akun Identitas Kependudukan Digital (IKD), dengan sasaran seluruh warga Desa Mondoretno, Kecamatan Bulu, Temanggung.

Kegiatan aktivasi IKD dilaksanakan selama empat empat hari berturut-turut, 8 - 11 Januari 2024, dengan dikoordinasi oleh Kasie Pemerintahan Desa Mondoretno selaku penanggungjawab. Pelaksanaannya dilakukan pada lingkup satu dusun dalam satu hari, mulai dari pukul 09.00-12.00 WIB. Secara berurutan dimulai dari Dusun Celuluk yang berpusat di depan rumah Kepala Dusun Celuluk. Kemudian, Dusun Jojogan yang berpusat di depan rumah Kepala Desa Mondoretno. Selanjutnya, Dusun Semondo yang berpusat di depan balai desa. Terakhir, Dusun Sayangan dan Depok yang dipusatkan di depan rumah Kepala Dusun Sayangan.

Para mahasiswa KKN yang berjumlah 7 orang membantu dalam prosesnya. Mulai dari proses mengunduh aplikasi, input data diri, hingga aktivasi setelah scan barcode bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), dengan didampingi perangkat desa. 

Antusiasme warga tiap dusun sangat tinggi, dilihat dari jumlah warga yang berpartisipasi dalam aktivasi IKD. Pelaksanaan aktivasi IKD di Desa Mondoretno sendiri telah dilaksanakan pada bulan Juni dan November 2023, dengan total warga yang melaksanakan aktivasi IKD sejumlah 313 orang atau 21% dari keseluruhan warga Desa Mondoretno, sedangkan, target dari Dindukcapil adalah 25%.

"Terima kasih, kita sudah berhasil melampaui satu goals program. Dengan adanya bantuan dari teman-teman KKN, Desa Mondoretno dapat mencapai target 25%, bahkan mencapai 33%, sehingga mendapatkan APDK dari Dindukcapil," tutur Ira, selaku Kasie Pemerintahan Desa Mondoretno. 

Rahul Putra selaku Koordinator Tim KKN Undip di Desa Mondoretno menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah menyukseskan program 0 Kilometer Dindukcapil Temanggung.
 
"Dindukcapil meminta kepada mahasiswa KKN untuk membantu program IKD di Desa Mondoretno. Warga yang telah melaksanakan IKD, tidak perlu datang ke Dindukcapil untuk pencatatan dokumen kependudukan. Akan tetapi, prosedur dapat dilakukan di tingkat pemerintah desa, sesuai dengan tujuan program ini," tuturnya, saat ditemui Senin (5/2/2024) di sela-sela acara perpisahan bersama perangkat desa kepada seluruh tim KKN Undip. (Tarisa;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top