Iklan Layanan Masyarakat

Kecamatan Temanggung Gelar Deklarasi ODF
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 20 Jun 2019 107
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter – Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung melakukan deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang air besar sembarangan, bertempat di halaman Kecamatan Temanggung, Kamis (20/6).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Camat se-Kabupaten Temangung, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Temanggung, Kepala Desa dan lurah se-Kecamatan Temanggung.

Menurut Camat Temanggung Eko Budi Hartono, Kecamatan Temanggung sudah 95 persen hanya kurang dari 5 persen warga yang masih numpang di toilet tetangga, ia memahami kesulitan masing-masing warga Kecamatan Temanggung untuk membangun toilet, oleh karenanya kecamatan Temanggung berusaha untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan demi terciptanya masyarakat Temanggung bebas buang air besar sembarangan.

Kita hanya kurang dari 5 persen untuk masyarakat Kecamatan Temanggung, itupun mereka tidak buang air sembarangan, hanya numpang ditetangga, jadi untuk deklarasi ini kami masyarakat kecamatan Temanggung benar-benar terbebas dari buang air besar sembarangan”, ungkap Eko dalam sambutannya.

Menurut Nurwahyu Sri Rahayu selaku staff Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, untuk mendeklarasikan ODF ini ada 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) salah satunya adalah stop buang air besar sembarangan, ia juga mengucapkan selamat dan berharap semoga Kecamatan Temanggung dan diikuti oleh kecamatan-kecamatan lain tidak berhenti sampai pada pilar ini saja, tetapi tetap berlanjut untuk menuju ke pilar selanjutnya.

Saya berharap setelah deklarasi bebas dari buang air besar ini kecamatan Temanggung dan kecamatan-kecamatan lain tidak berhenti dan terus bergerak menuju ke pilar selanjutnya, karena masih ada 4 pilar lagi yang harus dituntaskan untuk benar-benar merubah perilaku kita, sehingga harapannya dari merubah perilaku itu kita menuju ke kesehatan masyarakat yang optimal dengan berbasis masyarakat”, jelas Nurwahyu.

Dalam kegiatan ini, Camat Temanggung membacakan deklarasi ODF yang diikuti oleh kepala desa dan lurah se-Kabupaten Temanggung sebagai tanda telah dilaksanakannya deklarasi ODF Kecamatan Temanggung. (MC TMG/Penulis: Aji, Foto: Agung, Editor:Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top