Iklan Layanan Masyarakat

Kampanye Gemarikan, Demi Cegah Stunting dan Masalah Gizi

Senin, 22 Nov 2021 18:11:34 520

Keterangan Gambar : “Kampanye Gemarikan” (Gerakan Masyarakat Makan ikan) yang mengusung Tema “Dengan Gemarikan, Kita Cegah Stunting dan Masalah Gizi di Kabupaten Temanggung” yang bertempat di Balai Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Senin, (22/11/2021).


Temanggung, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung menggelar “Kampanye Gemarikan” (Gerakan Masyarakat Makan ikan) yang mengusung Tema “Dengan Gemarikan, Kita Cegah Stunting dan Masalah Gizi di Kabupaten Temanggung” yang bertempat di Balai Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Senin, (22/11/2021). 

Camat Kranggan, Seri Suharsa mewakili Bupati Temanggung, Sekdin DKPPP Esti Dwi Utami, Perwakilan Dinas Kesehatan, Kabid IKP (Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik) Dinkominfo, Supriyati, Kepala Desa Gentan Siyamto, dan Kapolsek Kranggan menghadiri kegiatan tersebut. 

Demo memasak olahan ikan, dongeng anak tentang Gemarikan, dan pameran produk olahan ikan dalam Kampanye Gemarikan, menjadi rangkaian kegiatan guna mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat akan manfaat mengkonsumsi ikan dan penanggulangan penyakit stunting, serta kemiskinan.

“Dan ini kegiatannya banyak sekali, dari dongeng ikan, ekspos produk-produk ikan, maupun praktek demo memasak. Keterlibatan ibu-ibu sebagai pengolah menu keluarga, dalam hal ini juga menjadi ujung tombak dari peningkatan gizi keluarga,” ungkap Sekdin DKPPP Kabupaten Temanggung, Esti Dwi Utami.

Ia menambahkan, kegiatan penebaran benih di perairan umum juga menjadi upaya dalam sektor sisi ketersediaan dan pemberdayaan. Hal ini bertujuan, nantinya masyarakat tidak hanya mengkonsumsi, tetapi dapat pula memproduksi, walaupun hanya dalam skala rumah tangga. 

“Kita akan mendukung dari sisi ketersediaan dan pemberdayaannya. Kita dorong masyarakat selain untuk mengkonsumsi, juga bisa memproduksi, meskipun itu hanya dalam skala rumah tangga,” terangnya.

Selanjutnya, upaya pembentukan sungai yang ideal dan bersih untuk kelangsungan hidup ikan diterapkan dengan menjalin kerjasama dengan komunitas “Temanggung Mancing Mania” dan berkolaborasi dengan Desa Mustika, Desa Bersih Sampah, guna mengontrol sungai dan menciptakan lingkungan yang bersih.

“Bekerjasama dengan komunitas Temanggung Mancing Mania dalam hal mengontrol sungai. Jadi kalo perikanan itu kan ada dua, baik di darat ataupun yang di sungai. Harapannya dengan nanti sungai bersih dan ini berkolaborasi juga dengan Desa Mustika, Desa Bersih Sampah, sungai itu menjadi lingkungan yang ideal bagi tumbuh kembangnya ikan-ikan,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan adanya Kampanye Gemarikan ini, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran untuk mengkonsumsi ikan lebih tinggi dan pemanfaatan lahan sekitar untuk budidaya Ikan.

“Dengan adanya Kampanye Gemarikan, tentu saja peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lebih tinggi. Terkait dengan bagaimana mendorong masyarakat untuk membudidayakan ikan dengan menggunakan potensi disekitarnya,” tandasnya. (MC.TMG/wl;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top