Iklan Layanan Masyarakat

Kades Diharapkan Bisa Jadi Panutan Masyarakat

Kamis, 08 Des 2022 17:14:31 411

Keterangan Gambar : Kades Diharapkan Bisa Jadi Panutan Masyarakat


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Temanggung, R Heri Ibnu Wibowo hadir dalam acara Pembekalan Tugas Kepala Desa masa jabatan tahun 2022-2028 dan pergantian antar waktu tahun 2022 Kabupaten Temanggung, di Aliyana Ballroom, Kamis (8/12/2022).

Kegiatan berlangsung tanggal 7-9 Desember 2022, dengan peserta 41 Kepala Desa, terdiri dari 36 orang hasil Pilkades serentak tahun 2022 dan 5 orang hasil Pilkades antar waktu tahun 2022, dari 16 kecamatan se-Kabupaten Temanggung.

Tanggal 9 Desember 2022 dilanjutkan study banding ke Desa Logede, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen yang merupakan Desa Anti Korupsi dan Desa Partisipatif Perempuan di Kabupaten Kebumen.

Wabup dalam arahannya menyampaikan, bahwa kepala desa agar jadilah pemimpin di desa, bukan menjadi penguasa di desa.

"Sangat berbeda sekali antara pemimpin dengan penguasa, jangan mempunyai watak penguasa, mempunyai karakter penguasa. Kalau anda jadi penguasa mempunyai watak sopo wani karo aku (siapa berani dengan saya), sehingga apa yang kita lakukan tidak pernah menjadi manfaat bagi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, manajemen pengelolaan organisasi pemerintah desa akan baik tergantung kepada kepemimpinan kepala desanya. Bila kepala desa ingin visi misinya bisa terwujud, maka harus melakukan koordinasi dan komunikasi.

"Lakukan koordinasi ke samping dengan lembaga-lembaga desa, ke atas dengan pemerintah kabupaten dan kecamatan, dan ke bawah kepada perangkat desa dan masyarakat. Sukses dan tidaknya tergantung dari baik tidaknya komunikasi. Bagaimana bisa menghargai orang lain. Dan belum tentu juga dengan koordinasi ini kita mendapatkan hasil yang kita inginkan," tuturnya.

Akhirnya, Wabup berharap, kepala desa menjadi seorang pemimpin yang ketika berbicara serta tindakannya bisa menjadi teladan dan panutan bagi masyarakat. (MC.TMG/sty;nin;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top