Iklan Layanan Masyarakat

Jelang Imlek, Kunjungan ke Klenteng Temanggung Dibatasi

Minggu, 07 Feb 2021 15:52:49 1194

Keterangan Gambar : Salah seorang umat bersembahyang di Klenteng Kong Ling Bio Temanggung, Minggu (8/2/2021). Kunjungan ke klenteng dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19.


Temanggung, MediaCenter - Kunjungan umat ke Klenteng Kong Ling Bio Temanggung, Jawa Tengah untuk beribadah di klenteng dibatasi maksimal 10 orang per hari.

Kebijakan ini akan berlangsung hingga perayaan Imlek Tahun 2021, serta untuk mencegah penularan  Covid-19. 

Sarwadi (63) salah seorang pengurus klenteng mengatakan, hingga perayaan Imlek Tahun 2021 ini, pembatasan masih akan terus dilakukan. Karenanya pada saat perayaan nanti tidak ada sembahyang bersama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Umat kan datang tidak bersama-sama, biasanya satu per satu mereka sembahyang bergantian. Tapi dibatasi maksimal hanya 10 orang per hari," ujar Sarwadi, Minggu (7/2/2021), di Temanggung.

Selain itu, menurutnya, karena sekarang masih dalam situasi pandemi Covid-19, ritual membersihkan, memandikan patung para dewa yang biasa dilakukan umat sebelum Imlek, tahun ini ditiadakan.

Pembersihan rupang atau obyek pemujaan dilakukan oleh Lochu, yakni putera dan puteri altar yang telah dipilih tahun lalu. Lochu memiliki tugas utama melayani dan mempersiapkan ritual di altar.

"Kami juga takut akan tertular Virus Korona jadi tidak membuat keramaian yang menimbulkan kerumunan," katanya. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)
 

Pencarian:

Komentar:

Top