Iklan Layanan Masyarakat

Jateng Berpotensi Dilanda Hujan Lebat 26-28 Februari 2022

Sabtu, 26 Feb 2022 21:23:44 865

Keterangan Gambar : Masyarakat Jawa Tengah diimbau tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.


Temanggung, Media Center - Masyarakat Jawa Tengah diimbau tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. 

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. Terlebih terhadap masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, Sabtu (26/2/2022).

Karena berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, di identifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan tenggara Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyebabkan adanya belokan angin di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada Kuadran 3 (Indian Ocean) yang menunjukkan kontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia signifikan," imbuhnya.

Ia menegaskan, berdasarkan kondisi tersebut BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat  disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 26 - 28 Februari 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Berikut wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi dilanda hujan deras :

Tanggal 26 Februari 2022 :

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Kudus, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Tanggal 27 Februari 2022 :

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora, Rembang, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Tanggal 28 Februari 2022 :

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Pencarian:

Komentar:

Top