Iklan Layanan Masyarakat

Inisiasi Satgas Jogo Tonggo Desa Gambasan Dengan Cantolan Belanja Gratis

Sabtu, 20 Jun 2020 16:31:35 477

Keterangan Gambar :



Temanggung, Media Center – Denty Eka Widi Pratiwi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung mengunjungi Posko Jogo Tonggo Dusun Jetis Desa Gambasan Kecamatan Selopampang dalam rangka memotivasi kegiatan, serta memberikan apresiasi karena telah menjadi contoh bagi desa yang lain terkait rasa kepedulian terhadap sesama dengan mendirikan warung cantolan belanja gratis bagi warga agar tidak keluar desa untuk belanja bahan makanan, Jumat (19/6/2020).
Ketua TP PKK tersebut juga memberikan selamat kepada Satgas Jogo Tonggo Dusun Jetis Desa Gambasan Kecamatan Selopampang yang sudah menginisiasi kegiatan cantolan belanja hingga merambah ke RW dan RT. Ini merupakan suatu contoh bahwa berbagi itu bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan dalam bentuk apa saja. Ini membuktikan kebersamaan yang bagus dan luar biasa.
“Saya pikir ini bisa untuk kita menanggulangi  ataupun kita menyelesaikan persoalan yang ada di sekitar kita”, ungkap Denty.
Denty juga menjelaskan apabila masyarakat paham, mengerti dan empati kepada sesama terlebih terhadap tetangga dekat, bisa dipastikan persoalan yang ada di lingkungan tersebut bisa cepat terselesaikan dengan solusi yang baik. Karena orang yang paling dekat dengan kita adalah tetangga.
“Jadi kita harapkan ini bisa menjadi virus yang baik untuk kita semuanya untuk meniru hal yang sama dan bersama kita melawan Korona”, tegasnya. 
Kegiatan seperti ini sudah banyak dilakukan dibeberapa tempat karena program Jogo Tonggo yang digalakkan oleh Gubernur Jawa Tengah, akan tetapi yang sudah sistematis dan terstruktur di Kabupaten Temanggung baru ada di Dusun Jetis ini. Selain Dusun Jetis, di tempat-tempat lain juga sudah mulai dengan inovasi yang hampir sama.
Jadi kegiatan Jogo Tonggo ini bisa dengan berbagai macam pola, tidak hanya warung cantolan belanja seperti yang dilakukan Desa Gambasan, akan tetapi wujud warga memberikan kepeduliannya kepada sesama, baik dengan cara melakukan penyuluhan dibidang kesehatan, pemanfaatan pekarangan rumah dengan benar, serta cara berperilaku hidup sehat. Hal-hal semacam itu juga merupakan program dari Jogo Tonggo.
“Ini sesuatu yang luar biasa dan memang betul-betul viral. Jetis, Gambasan memang gandem”, imbuhnya.
Denty justru meyakini hal ini merupakan suatu penghargaan luar biasa dari orang yang melakukannya serta untuk memotivasi warga lainnya agar ikut tergerak mendirikan warung serupa. Selain itu, kegiatan ini dapat menghasilkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama tanpa membedakan strata. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top