Iklan Layanan Masyarakat

Indira: TP. PKK Siap Dampingi Pelayanan IVA dan SADANIS

Selasa, 13 Feb 2024 07:46:42 234

Keterangan Gambar : Indira: TP. PKK Siap Dampingi Pelayanan IVA dan SADANIS


Temanggung, MediaCenter - Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Temanggung, Indira Prasmini Agung Prabowo hadir dalam acara Pertemuan Advokasi dan Koordinasi Deteksi Dini Kanker Serviks, serta Kanker Payudara dengan Metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) Tingkat Kabupaten di Aula Gedung PKK, Komplek Setda, Senin (12/2/2024). 

Turut hadir narasumber dr. Taryumi, Kabid P2P Dinkes dr. Sarjana, perwakilan OPD, waka I-III, Ketua Pokja I-IV, DWP, GOW, PIAD, Bhayangkari, Muslimat, Aisyiyah, Gerakan Wanita Kristen, Organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia, tim provider IVA, dan lain-lain. 

Terhitung sebanyak 3.304 Wanita Usia Subur (WUS) atau 2,77% dari total perempuan usia 30-50 tahun yaitu 119.336 orang telah melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Kabupaten Temanggung. 

Indira mengungkapkan, kanker serviks merupakan kanker pada wanita dengan kejadian tertinggi di dunia, maupun di Indonesia dengan angka kematian tinggi. Dimana terdapat 40.000 kasus baru kanker serviks yang terdeteksi pada perempuan Indonesia setiap tahunnya. 

"TP. PKK Kabupaten siap memberikan pendampingan dalam pelayanan IVA dan SADANIS di Temanggung. Kami minta tim di semua kecamatan setelah pertemuan ini untuk bisa berkoordinasi dengan Puskesmas setempat terkait waktu pelaksanaan serta teknis kegiatan IVA di lapangan," tandasnya. (Eka;Ekp) 

Pencarian:

Komentar:

Top