Iklan Layanan Masyarakat

Hasil Lebih Menguntungkan, Petani Cabai Beralih Tanam Jeruk Lemon California
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 18 Mar 2019 167
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter – Sugi Sugiarto (30) petani asal Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Temanggung lebih memilih menanam jeruk lemon California karena lebih menguntungkan.

Saat ditemui oleh tim Media Center, Senin (18/3), Sugi mengatakan bahwa ia beralih dari menanam cabai ke Jeruk Lemon California karena menurutnya keuntungan yang didapatkan dari menanam pohon ini lebih banyak daripada menanam cabai, harga jualnya juga relatif stabil serta tidak terganggu oleh faktor cuaca, tidak seperti cabai ataupun sayuran yang harus bergantung dengan cuaca.

Sugi juga menyampaikan bahwa ia menyiapkan tanah seluas 2000 m2 untuk menanam Lemon California yang ditanamnya selama 2,5 tahun. Dalam 1 bulan Sugi bisa lakukan 2 kali panen dengan total panen yang didapat selama satu tahun kemarin sebanyak 1,4 ton.

Tahun pertama kemarin saya bisa panen sebanyak 1,4 ton, untuk tahun ini saya target agar bisa mencapai 2 ton”, ungkap Sugi.

Sugi menambahkan alasannya memilih Jeruk Lemon California, karena menurutnya Harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk yang lain, harga jual Jeruk Lemon California saat ini mencapai Rp 30.000 per kilogram. Hasil panennya ia jual melalui media sosial seperti facebook, twitter dan instagram dengan keuntungan sebesar Rp 35.000.000 atau rata-rata penghasilan per bulannya Rp 2.500.000.

Sugi menjelaskan bahwa Lemon California akan berbuah selama 1 tahun dari pertama tanam serta mempunyai perbedaan antara Lemon California dengan lemon lokal yaitu hasil buah dan  serta kandungan air dan vitaminnya juga lebih banyak.

Saat ini sudah ada beberapa petani di daerahnya yang mengikuti jejaknya, walaupun masih ada beberapa kendala yang dialami seperti sulitnya air saat musim kemarau yang mengharuskan dirinya untuk mengambil air dari sungai yang ada di bawah lahannya, sedangkan untuk hama sama dengan tanaman jeruk lain seperti ulat dan kutu.

Tidak banyak kesulitan untuk menanam lemon ini, karena tidak musiman juga tidak terganggu oleh faktor cuaca”, tambah Sugi. (MC TMG/Penulis: Aji, Foto: Agung, Editor:Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top