Iklan Layanan Masyarakat

Harkanas 2019 Dorong Pentingnya Makan Ikan Bagi Masyarakat
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 30 Okt 2019 49
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2019 digelar di halaman SD Negeri 1 Menggoro Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung yang dibuka oleh Denty Eka Widi Pratiwi sebagai ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dan dihadiri oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, Selasa (29/10/2019).

Peringatan Harkanas 2019 dihadiri oleh Ketua Forikan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Forum Koordinasi Pemimpin Daerah (Forkominda), Kepala Kepolisian Resor, Kejaksaan Negeri Kabupaten Temanggung, Pengadilan Agama Kabupaten Temanggung, Dandim 0706 Temanggung, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Temanggung, Camat Tembarak dan Kepala Desa Menggoro serta tamu undangan.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq menyatakan bahwa di Temanggung konsumsi ikan baru mencapai 20,91% dan masih dibawah rata-rata Jawa Tengah yang mencapai 30,64%. Dan angka ini sangat masih jauh dibandingkan dengan negara lain. Kekurangan protein dari ikan ini bisa mengakibatkan stanting dan mengakibatkan pertumbuhan kurang dari standar usianya. Hal ini menjadi komitmen kita semua, pemerintah dan semua warga Temanggung untuk meningkatkan kadar gizi masyarakat.

“Masyarakat diharapkan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, generasi yang sehat, kuat, cerdas sebagai modal dalam membangun masyarakat Kabupaten Temanggung kedepan. Jadi bapak ibu sekalian intinya pada peringatan hari ikan ini mari kita mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung untuk memperbanyak konsumsi ikan. Selain memperbanyak konsumsi ikan juga mengangkat Dinas Perikanan, Peternakan, saya kira juga perlu melakukan terobosan-terobosan agar persediaan ikan di Kabupaten Temanggung meningkat.”

“Kalau Dinas Perikanan dan Peternakan ini memperbanyak budidaya ikan dimasyarakat, kita harap mengambil ikan yang sehat untuk dikonsumsi, berkualitas tidak berpengawet yang tidak mengandung formalin dan lain sebagainya.”, tegas M Al Khadziq.

“Kabupaten Temanggung ini potensi perikanannya melimpah karena banyak daerah kita ini sepanjang tahun dialiri air. Baik itu disepanjang Sungai Progo maupun di lereng-lereng gunung seperti daerah Menggoro ini sepanjang tahun tidak pernah kekurangan air. Sebenarnya untuk budidaya ikan Temanggung memiliki banyak tempat, meskipun Temanggung daerahnya pedalaman, pegunungan, dataran tinggi, tetapi kita punya sumber daya melimpah ini untuk budidaya ikan, khususnya ikan air tawar. Kita bisa mengajak seluruh masyarakat makan ikan”

“Kepada Forikan, saya harap untuk semakin memberikan stimulus pada masyarakat agar konsumsi ikan kita semakin banyak, masyarakat kita semakin sehat.”, imbuhnya

Tujuan dari kegiatan gerakan makan ikan adalah untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan, khususnya hari ini dilaksanakan di Kabupaten Temanggung. Karena masyarakat untuk konsumsi ikan masih rendah diangka 20,29% kegiatan pertahun dan salah satu upayanya dengan acara hari ini yaitu dengan gerakan makan ikan yang sasarannya kepada anak-anak SD, jadi mudah-mudahan nanti dengan mengkonsumsi ikan, anak-anak akan terbentuk generasi yang cerdas, sehat dan kuat.

“Target di Jawa Tengah ini ada 3500 dari Tim penggerak Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (TP-PKK) kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang memang kita menjadi peserta diprogram gemar makan ikan. Harapan kami, melalui ibu-ibu TP-PKK  dapat menyediakan menu harian makan ikan kepada para putra putrinya, sehingga untuk generasi kedepan akan menjadi lebih baik lagi.”, tegas Fendiawan Tiskiantoro, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. (MC TMG/Penulis,Foto:Cahya Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top