Iklan Layanan Masyarakat

Gus Furqon: Nahdlatul Ulama Menuju Kebangkitan Kedua

Jumat, 09 Apr 2021 18:31:18 993

Keterangan Gambar : Ketua PCNU Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, KH Muhammad Furqon.


Temanggung, MediaCenter- Ketua PCNU Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, KH Muhammad Furqon mengatakan, beberapa tahun terakhir ini Nahdlatul Ulama gencar melakukan berbagai kegiatan positif diberbagai sendi. Antara lain kegiatan sosial, membangun sektor ekonomi dan pendidikan, serta penguatan lembaga hingga keluar negeri.

Hal ini kata Gus Furqon, demikian dia akrab disapa, merupakan bagian dari kebangkitan kedua bagi Nahdlatul Ulama. Kepengurusan NU yang tidak hanya ada di Indonesia, tapi sudah banyak PCI-PCI di luar negeri menjadi salah satu parameternya. Bahkan saat ini Aljazair sudah mendirikan NU Aljazair dan akan berkembang di negara-negara yang lain. 

"Sebuah peristiwa yang membanggakan bagi NU. Saat ini NU menjelang Nahdlatul Saniyah, atau kebangkitan kedua Nahdlatul Ulama. Dilihat dari pesatnya perkembangan yang ada. survei LSI menempatkan bahwa warga Nahdliyin berada pada angka 110 juta orang, ini angka yang sangat luar biasa. NU sudah hadir dan memberikan kedamaian di bumi ini," katanya Jumat (9/4/2021) di Temanggung. 

Menurutnya, ini menjadi sangat penting, karena Islam diperiode awal hanya ada di jazirah Arab, kemudian meluas ke Baghdad Dinasti Abasiah, kemudian ada di Eropa Spanyol. Puncak kejayaan Islam ada pada masa dinasti Turki Usmani yang lahir pada abad ke-7 dan berakhir pada Tahun 1922. Semua kiblat Islam ada di Turki Usmani, tapi setelah keruntuhannya Islam kehilangan imperium yang sangat kuat, oleh karenanya pelan tapi pasti NU sekarang semakin berkembang.

"Dengan ini, artinya bahwa  Nahdlatul Saniyah  sudah mulai kelihatan. Artinya, bahwa sekarang ini NU menjadi kekuatan yang sangat luar biasa. Saya minta kebersamaan sinergitas antara NU Muslimat dan Badan Otonom yang lain bisa terwujud, sinergitas antar tokoh-tokoh di partai manapun bisa terbentuk menjadi sinergi yang sangat kuat," katanya. 

Ditambahkan oleh Gus Furqon, insfratruktur di dalam pun sudah mulai terbentuk, kalau dulu bicara ranting di NU hanya sekadar formalitas. Tapi hari ini, ranting sudah mulai terbentuk, tidak hanya ranting NU, bahkan ranting Badan Otonom NU juga sudah mulai terbentuk, termasuk terbentuknya ranting-ranting Muslimat, serta telah terbentuknya ranting Ansor dan hampir semua Badan Otonom telah membangun jaringan sampai ke tingkat ranting. 

"Inilah harapan kami selaku Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama. Selanjutnya kami juga berharap agar Kantor PC Muslimat  jangan hanya menjadi pusat administrasi, tapi juga menjadi pusat pergerakan dari sisi organisasi, pergerakan dari sisi ekonomi, pergerakan pada sisi pelayanan kesehatan, pelayanan sosial dan pelayanan untuk masyarakat warga Nahdliyin," katanya. 

Ia pun mengaku sangat optimis dengan kehadiran tokoh-tokoh penting NU, Fatayat, Muslimat, Ansor, IPNU, IPPNU, yang sudah terbangun, maka kekuatan NU di Temanggung akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa dan dahsyat. (MC TMG/Arya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top