Iklan Layanan Masyarakat

Etika Bermedia Sosial dalam P5 di SMPN 4 Temanggung

Senin, 06 Feb 2023 18:48:13 503

Keterangan Gambar : Etika Bermedia Sosial dalam P5 di SMPN 4 Temanggung


Temanggung, MediaCenter- SMP Negeri 4 Temanggung  bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika  (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan Bimbingan dan Konseling dengan tema “ Etika dalam Bermedia Sosial”   bertempat di Aula  SMPN 4 Temanggung, Senin (6/2/2023). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diterapkan di SMPN 4 Temanggung untuk seluruh siswa Kelas VII, dengan jumlah 160 peserta didik. P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Dalam sambutannya, Karma Budiman  selaku Kepala SMPN 4 Temanggung menjelaskan, bahwa kegiatan P5 pada semester II Kelas VII mengambil sejumlah tema, diantaranya suara demokrasi dengan narasumber Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan etika berkomunikasi dalam media sosial oleh Dinkominfo. 

“Pada hari ini, kegiatan P5 ini akan mengambil tema Etika dalam Bermedia Sosial, yang akan  disampaikan oleh Dinkominfo, setelah  kemarin juga diadakan hal serupa dengan KPU,” jelasnya. 

Ia juga berharap, dengan kegiatan ini para siswa dapat mengetahui batas dan aturan dalam bermedia sosial, baik chating maupun browsing, sehingga tidak melanggar aturan dan Undang- Undang yang berlaku.

“Nanti akan disampaikan kaitannya dengan etika berkomunikasi,  Undang-Undang ITE, sehingga nanti anak-anak bisa tahu mana batasan dalam chating dan browsing  yang seharusnya, sehingga tidak melanggar Undang-undang,” imbuhnya. 

“Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh pelajar. Jadi mohon untuk seluruh siswa diperhatikan. Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya, karena  para siswa ini masih sangat butuh sosialisasi dari berbagai ilmu untuk masa depan," pungkasnya. 

Sementara itu, M. Yusuf selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo yang menjadi narasumber menyampaikan, bahwa kegiatan ini  bukan hanya mengenai projek penguatan saja, tetapi lebih sebagai panduan dan edukasi kepada para siswa dalam bermedia sosial. 

“Harapan kami di sini, bukan hanya akan  menyampaikan ini sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, teapi lebih kepada informasi panduan tentang bagaimana para siswa dalam melaksanakan aturan dalam bermedia sosial,” tegasnya. (MC.TMG/Ekn;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top