Iklan Layanan Masyarakat

Duta Genre Temanggung Diharapkan Berperan Kurangi Angka Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan Narkoba.
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 27 Apr 2019 183
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter – Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Temanggung tahun 2019 digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluaga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) di Gedung Graha Bhumi Phala, Kamis (25/04/2019).
Pemilihan duta Temanggung sebagai remaja genre ini dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Provinsi Jawa Tengah 2019 yang puncak acaranya akan dilaksanakan di Kabupaten Grobogan pada bulan Juli 2019 mendatang.
Model pemilihan Duta Genre dikemas dengan menampilkan bakat dan ketrampilan yang dimiliki peserta di panggung pemilihan. Yuri terdiri dari dari 3 orang akan menilai penampilan peserta dari unsur seni dan budaya, penguasaan materi pesan Kependudukan dan Keluarga Berencana, attitude dan kepribadian. Selain itu peserta juga harus mempraktekkan pidato promosi dengan tema yang ditentukan panitia.
Peserta berjumlah 40 orang Duta Genre jalur masyarakat dan jalur formal atau jalur pendidikan. Masing masing kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung mengirimkan 1 pasang duta genre, dapat berasal dari jalur pendidikan maupun jalur masyarakat.
Gelar pemilihan ini dihadiri Wakil Bupati, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), undangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung, Para Camat, Kepala Sekolah dan pendamping peserta sebagai supporter.
Suasana semakin meriah ketika para peserta menampilkan bakat dan ketrampilannya selama 6 menit. Ada yang tampil parodi pernikahan dini, ada tarian kreasi, pencak silat dengan memecahkan batu beton, lagu-lagu bernuansa genre, ada juga yang memperagakan menjadi penyiar radio dan sebagainya.
Dalam acara tersebut, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo memberikan dukungan kepada para peserta dan penonton agar ikut mendukung tugas-tugas Duta Genre di wilayah masing-masing.
“Duta Genre diharapkan dapat menjadi konsuler sebaya dalam menanggulangi terjadinya pernikahan dini, seks pra nikah dan narkoba,” tandasnya.
Sementara itu Kepala DPPKBPPPA dr. Suparjo dalam sambutannya menyatakan keprihatinannya atas banyaknya kasus HIV/AIDS yang bahkan sudah sampai pada bayi baru lahir sudah mengidap HIV AIDS.
“Oleh karena itu menjadi tugas para Duta Genre untuk memberikan penyuluhan agar generasi muda memiliki perencanaan untuk hidup sejahtera terhindar dari berbagai masalah,” jelasnya.
Sedangkan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera DPPKBPPPA Kabupaten Temanggung Johan S. Harijadi menyampaikan tujuan pemilihan Duta Genre adalah untuk mendapatkan figur Duta Generasi Berencana dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program KKBPK.
“Melalui Program Genre diharapkan remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial”, paparnya.
Salah seorang peserta dari Kecamatan Jumo, Intan Pradina mengatakan, persiapan ikut pemilihan Duta Genre sudah dilakukan sejak dilakukan seleksi di tingkat Kecamatan.  “Menekuni bidang seni tari dan menurutnya lewat tari juga bisa dijadikan sarana sosialisasi program-program Genre,” jelasnya. 
Dan hasil penilaian dari dewan juri memutuskan Juara I Mas Duta Genre Kabupaten Temanggung tahun 2019 adalah Rafli Jaisy Muhammad dari Kecamatan Bulu dan Juara I Mbak Duta Genre Kabupaten Temanggung tahun 2019 adalah Christina Damayanti Anugraheni dari Kecamatan Parakan. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top