Iklan Layanan Masyarakat

[DISINFORMASI] Kena Shoot TV One Bahasa Brimob Ini Pakai Bahasa China
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 20 Jun 2019 34
Blog single photo

Penjelasan:

Telah beredar postingan di media sosial Facebook unggahan video yang diliput oleh Tv One yang diklaim sebagai bangsa china sedang menyorot pasukan polisi. Postingan tersebut diiringi narasi Kena Shoot Tv One bahasa Brimob ini pakai bahasa china. Jadi bukan hoaks kalau brimob disusupi china.

Setelah ditelusuri video tersebut merupakan rekaman video yang diputar di sebuah handphone lalu kemudian direkam handphone lain yang membuat kualitas suara dan kejernihan suara menjadi sangat rendah. Faktanya rekaman suara yang terdengar samar-samar tersebut terdengar jelas di Platform Youtube yang berjudul TEGANG! Suasana Saat Aparat Bentrok Dengan Massa di Kawasan Tanah Abang, dalam video tersebut bahasa yang diklaim bahasa china itu terjadi di waktu 1:27:54 ternyata adalah bahasa madura, dan bukan suara dari pasukan Brimob melainkan percakapan percakapan warga sekitar yang terekam oleh Tv One. Dalam video tersebut bahasa yang terdengar yaitu de' iyah dalam bahasa madura artinya kayak gini, dan tade' due' lah yang artinya udah engg ada (habis) dua dan ngko' rugi yang berarti aku rugi.

Link Counter:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/293/fakta-atau-hoaks-benarkah-pasukan-brimob-disusupi-tentara-cina

https://www.youtube.com/watch?v=qeDytB8fvvw&fbclid=IwAR30_n-3QuNAvZJuHYkN3bt70rFTIB4qFU1NAgCQT6W_Pu8FjBv2bHat9DU

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top