Iklan Layanan Masyarakat

Dinkopdag Segera Sebarkan Enumerator Untuk Pendataan UMKM

Kamis, 31 Mar 2022 18:38:06 678

Keterangan Gambar : Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) enumerator Pendaftaran Lengkap - Koperasi dan UMKM tahun 2022 di Aula Hotel Kintamani, Rabu (31/3/2022).


Temanggung, Media Center - Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) enumerator Pendaftaran Lengkap - Koperasi dan UMKM tahun 2022 di Aula Hotel Kintamani, Rabu (31/3/2022).

Bimtek ini bersumber dari APBN dan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 30 sampai dengan 31 Maret 2022 dengan peserta total sejumlah 74 orang enumerator. Untuk hari pertama sejumlah 35 orang peserta dan hari kedua sebanyak 39 orang peserta. Para peserta dibimbing secara teknis untuk bisa melaksanakan pendataan di lapangan yang sudah ditentukan oleh Dinkopdag Kabupaten Temanggung.

"Sejumlah 74 peserta yang nanti akan kita sebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Temanggung", ungkap Entargo Yutri Wardono, Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung

Entargo juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan data koperasi UMKM yang akurat, satu data dan dikelola oleh satu lembaga. Sehingga nantinya data tersebut akan lebih mudah digunakan sebagai perencanaan dan dengan adanya data yang akurat diharapkan perencanaan-perencanaan berikutnya akan lebih bagus dan hasilnyapun akan lebih maksimal.

Selain itu, kegiatan tersebut akan mendapatkan informasi tentang penggunaan tenaga kerja, mendapatkan informasi pasokan pasar, mendapatkan informasi struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha atau perusahaan, mendapakan gambaran permodalan serta mendapatkan informasi penggunaan internet dalam kegiatan usaha sistem waralaba dan kepemilikan usaha atau perusahaan.

"Harapan kami dengan adanya pendataan ini nantinya akan diperoleh data UMKM yang akurat yang bisa dipertanggungjawabkan, riil dan benar-benar berjalan di tingkat masyarakat Kabupaten Temanggung, sehingga nantinya UMKM-UMKM tersebut akan kita bina, kita laksanakan pendampingan-pendampingan supaya betul-betul bisa menyesuaikan dengan kondisi global", pungkasnya. (MC.TMG/Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top