Iklan Layanan Masyarakat

Dinkominfo Gelar Sosialisasi Website Integrasi Kecamatan dan SID

Selasa, 21 Nov 2023 15:06:42 224

Keterangan Gambar : Dinkominfo Gelar Sosialisasi Website Integrasi Kecamatan dan SID


Temanggung, MediaCenter - Pemkab Temanggung melalui Dikominfo menggelar Sosialisasi Web Kecamatan yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Desa (SID) kepada seluruh Sekretaris Kecamatan dan Admin Web Kecamatan pada Senin (20/11/2023) bertempat di Ruang Puskomkref Lantai 4 Dinkominfo Temanggung.

Gotri Wijianto Wuriatmojo selaku Kepala Dinkominfo Temanggung dalam arahannya menyampaikan pentingnya sistem pemerintahan yang terintegrasi dan dapat digunakan bagi berbagai pihak dalam tatanan pemerintahan, khususnya Pemkab Temanggung.

"Integrasinya nanti di bagian pemerintahan itu setiap tahun ada namanya peta batas wilayah. Nanti ada titiknya, jadi satu peta ini bisa digunakan untuk bekerja banyak pihak. Itu yang namanya Sistem Pemerintahan. Kita berusaha dan belajar bersama-sama agar semuanya bisa menyambung dan terintegrasi," ujarnya.

Adapun yang melatarbelakangi disusunnya Website Kecamatan yang terintegrasi dengan SID adalah karena berkaitan dengan kependudukan. Sedangkan data kependudukan yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) tidak bisa digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan. 

"Karena sistem pemerintahan ini tidak jauh dari aspek pelayanan publik. Nah dari sini mari kita bangun pondasi awal penyelenggaraan sistem pemerintahan dasar. Kita support betul kepada panjenengan, karena kita tidak bisa bekerja sendiri dan njenengan juga tidak bisa bekerja sendiri. Semakin banyak masukan, maka akan semakin baik lagi sistemnya," imbuh Kepala Dinkominfo.

Ditambahkan oleh Gotri Wijianto Wuriatmojo, mengingat sifat Website Kecamatan yang terintegrasi tersebut adalah keterbukaan informasi bagi publik, maka Gotri menekankan kepada seluruh admin website kecamatan untuk memahami etika jurnalistik dan memberikan informasi-informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.

"Perlu dipahami dan diperhatikan, karena website ini sifatnya adalah keterbukaan informasi dan web ini bisa menyampaikan informasi di tempat panjenengan, nyuwun tulung admin harus benar-benar bisa memahami etika jurnalistik. Jangan memberikan informasi yang tidak jelas," tandasnya.

Gotri berharap, dengan adanya website kecamatan yang terintegrasi dengan SID akan membantu dan mempermudah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. 

"Harapannya nanti setelah masing-masing desa mengupload, mengentri data penduduknya dan memasukkan data-data lainnya dengan penuh tanggungjawab, nanti dari masing-masing Pemerintahan Desa akan kami integrasikan. Otomatis nanti direkapitulasi data kecamatan akan muncul jumlah penduduknya," imbuhnya.

Selain itu, dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut dipandu secara teknis oleh Akhmad Masruri selaku Pranata Komputer Ahli Pertama Dinkominfo dan juga penjelasan umum mengenai dashboard PPID oleh Noor Azizah Ratna Farida selaku Tenaga Teknis PPID. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top