Iklan Layanan Masyarakat

Dinkes Imbau Masyarakat Tidak Pilih-pilih Vaksin Covid-19

Selasa, 10 Agu 2021 15:57:54 982

Keterangan Gambar : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengimbau  masyarakat agar tidak memilih-milih jenis vaksin yang diberikan tenaga kesehatan dalam program vaksinasi Covid-19 yang tengah berlangsung.


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengimbau  masyarakat agar tidak memilih-milih jenis vaksin yang diberikan tenaga kesehatan dalam program vaksinasi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei memastikan jenis vaksin yang diproduksi Sinovac maupun AstraZeneca aman dan bermanfaat.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat Temanggung agar tidak memilih-milih vaksin. Alasannya, saat ini masyarakat dunia sedang berlomba antara kecepatan mutasi virus penyebab Covid-19, dengan kecepatan untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok," katanya, Selasa (10/8/2021) di Temanggung.

Dwi menegaskan, dengan mencapai herd immunity, diharapkan kesempatan virus untuk menemukan host baru menjadi lebih kecil, termasuk juga kesempatan bermutasi jadi lebih kecil. 

Terkait dengan jenis vaksin yang dipergunakan di Kabupaten Temanggung, pihaknya menjamin telah diteliti oleh pihak yang berwenang dan sudah mendapat jaminan aman dan halal.

"Jadi semua vaksin, apapun jenisnya, sudah mempunyai standar operasional prosedur kesehatan yang sangat ketat dan melalui tahapan uji lab dan proses yang panjang. Jadi harapan kami, masyarakat tidak memilih-milih vaksin, karena saat ini kita sedang mengejar herd immunity," imbuhnya.

Ia menyampaikan, temuan di lapangan bahwa masih terdapat masyarakat yang takut divaksin serta anggapan yang beredar bahwa jenis vaksin tertentu lebih bagus daripada jenis yang lainnya. 

“Kita tetap terus edukasi dan sosialisasikan ke masyarakat, namun jika memang masih takut, kami juga tidak bisa memaksa. Karena antusias masyarakat yang minta divaksin juga banyak, jadi kita sasar kepada yang sudah bersedia,” pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top