Iklan Layanan Masyarakat

Dialog Kebangsaan Moderasi Beragama untuk Temanggung Ayem dan Gandem

Kamis, 16 Jun 2022 14:26:29 206

Keterangan Gambar : Tri Raharjo, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Lingkungan Hidup, mewakili Bupati Temanggung membuka kegiatan Dialog Kebangsaan Moderasi Beragama dengan tema Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kehidupan Sosial untuk Temanggung Ayem, Temanggung Gandem, yang diselenggarakan oleh INISNU Temanggung di Graha Bumi Phala, komplek kantor Bupati Temanggung, Kamis (16/6/2022). 


Temanggung, MediaCenter - Tri Raharjo, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Lingkungan Hidup, mewakili Bupati Temanggung membuka kegiatan Dialog Kebangsaan Moderasi Beragama dengan tema Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kehidupan Sosial untuk Temanggung Ayem, Temanggung Gandem, yang diselenggarakan oleh INISNU Temanggung di Graha Bumi Phala, komplek kantor Bupati Temanggung, Kamis (16/6/2022). 

Tri Raharjo menyampaikan apresiasi kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa INISNU atas inisiasinya, sehingga bisa dilaksanakannya kegiatan tersebut. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan akan pentingnya memahami prinsip-prinsip moderasi beragama.

“Meskipun kita berbeda-beda agama, suku, bahasa, budaya, tetapi kita sesama manusia harus saling menghormati. Agama harus mampu diterjemahkan dalam kehidupan bersama, baik sesama maupun berbeda agama,” ujarnya.

Menurutnya, dalam menyikapi perbedaan itu, umat beragama diharuskan untuk saling menghargai, dalam arti hidup bersama dengan keyakinan masing-masing sebagai warga negara Indonesia. 

“Perbedaan adalah sunnatullah atau kodratnya Tuhan. Kita punya kewajiban yang sama, tetapi tidak mencampuradukkan akidah masing-masing. Komitmen utama moderasi beragama menjadi cara terbaik untuk menghadapi radikalisme, yang mengancam kehidupan beragama dan berimbas terhadap kehidupan persatuan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Dialog Kebangsaan Moderasi Beragama dihadiri oleh tokoh lintas agama, Jajaran Forkompimda, Kepala Dindikpora Kabupaten Temanggung, Forum Kerukunan Umat Beragama, Rektor INISNU, perwakilan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ketua organisasi masyarakat keagamaan, serta perwakilan dari pelajar dan mahasiswa. (MC TMG/Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top