Iklan Layanan Masyarakat

Desa Pakurejo Bulu Jadi Pilot Project GSRA

Selasa, 23 Apr 2024 07:46:37 97

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Temanggung beserta Forkompimda menghadiri Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) Kabupaten Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Temanggung beserta Forkompimda menghadiri Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) Kabupaten Temanggung yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Temanggung di Desa Pakurejo, Kecamatan Bulu, Temanggung, Senin (22/4/2024). 

Kegiatan ini merupakan  implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, yang mengamanatkan penyelenggaraan Penataan Aset (asset reform) dan Penataan Akses (access reform) yang berfokus pada pengaturan dan pengelolaan agraria dengan tujuan meningkatkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Penataan Aset adalah penataan kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah untuk menciptakan keadilan dalam penguasaan dan pemilikan tanah.

Sementara Penataan Akses adalah program pemberdayaan ekonomi subjek Reforma Agraria untuk meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah. 

Dalam rangka mendukung dan mensukseskan Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berkontribusi melaksanakan kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Temanggung, Retna Kustiyah. 

"Selain merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023, kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria ini bertujuan untuk menampilkan hasil kerjasama Penataan Aset dan Penataan Akses di seluruh wilayah Indonesia dan untuk menarasikan Reforma Agraria secara utuh, sehingga dapat mendorong potensi usaha kegiatan Penataan Akses di kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Mensinkronkan kegiatan terkait Penataan Aset dan Penataan Akses, serta memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat melalui fasilitas pendampingan," jelasnya. 

Ia menambahkan, berpusat di Desa Pakurejo, penataan aset melalui Sertifikat Lintas Sektor telah dilaksanakan pada tahun 2022 sebanyak 100 bidang, pada sektor usaha peternakan dan perikanan yang berfokus pada peternakan domba dan perikanan.  

"Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP), Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung memberikan penyuluhan, pelatihan, serta pendampingan kegiatan usaha pada sektor peternakan domba dan perikanan. Selain itu, juga memberikan bantuan, berupa ternak domba. Akan tetapi dalam praktek, masyarakat menemui beberapa kendala, diantaranya yaitu anakan domba sering mati dan juga pakan ikan yang terbatas, sehingga masyarakat justru mengalami kerugian," terangnya. 

Sementara itu, Pj. Bupati Hary Agung Prabowo dalam penjelasannya dengan Tim Media Center menyampaikan, bahwa Kantor Pertanahan Kabupeten Temanggung bersama DKPPP, serta pegiat perikanan di Kabupaten Temanggung, sepakat untuk mengadakan pelatihan budidaya magot sebagai pakan alternatif bagi ternak, maupun ikan. Sehingga masyarakat dapat menekan biaya pakan ternak, selain itu juga diharapkan dengan adanya budidaya magot ini, masyarakat mampu secara mandiri mengolah sampah organik rumah tangga.

"Kantor ATR/BPN  bekerjasama dengan DKPPP, juga akan melaksankan pelatihan produksi pakan ikan magot bagi petani ikan, yang memang dalam kondisi saat ini, pakan ikan dengan harga mahal. Desa Pakurejo menjadi salah satu desa yang menjadi pilot project dalam pembudidayaan pakan ikan magot. Hal ini, mengingat potensi perikanan di Kabupaten Temanggung sangat baik dan banyak, seperti di wilayah Kecamatan Bulu, Parakan dan Ngadirejo. Pakan ternak dan ikan penting, karena berimbas pada harga dan tingkat konsumsi masyarakat. Oleh karena itu, bagaimana kita selaku pemerintah dapat menfasilitasi  pakan ikan dan ternak, sehingga dapat  menjadi produksi di masa panennya," jelas Pj. Bupati. 

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pembacaan deklarasi dan penggabungan  puzzel sinergitas secara simbolis, yang merupakan simbol dari  sinergi berbagai pihak   untuk mewujudkan  kesejahteraan masyarakat. (Eknu;DS2;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top