Iklan Layanan Masyarakat

Desa Ngemplak Temanggung Raih Penghargaan di KIP Award 2018
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 12 Des 2018 141
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Desa Ngemplak, Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung mendapatkan penghargaan sebagai Desa Website Informatif pada pelayanan keterbukaan informasi publik pada ajang Keterbukaan Informasi Badan Publik Award 2018 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. 
Penghargaan yang langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tersebut berlangsung di Hotel Patra Jasa Semarang pada 7 Desember 2018. Desa Ngemplak mendapatkan predikat website informatif pada urutan ke empat usai bersaing dengan sejumlah desa yang terdapat di 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Adapun desa yang mendapatkan penghargaan yang sama yaitu Desa Kemiri Barat, Kabupaten Batang, Desa Gemantar Kabupaten Wonogiri, serta Desa Dermaji Kabupaten Banyumas. 
Penghargaan tersebut disambut sangat baik oleh pemerintah Desa Ngemplak, pasalnya website yang mereka kelola ini baru aktif dikelola pada bulan September 2018 lalu.  “Sebenarnya website ini sudah lama tetapi karena pengelolaannya belum maksimal jadi belum terlihat fungsi website tersebut, terus ini website baru mulai aktif di kelola sekitar bulan September 2018,” ujar Fauzi Amin selaku Sekretaris Desa Ngemplak saat dihubungi di Temanggung, Rabu (12/12). 
Kedepannya ia berharap website desa ini dijadikan sebagai sarana informasi dan komunikasi antara pemdes dan warga desanya. “Sehingga kepercayaan terhadap tata kelola pemerintah desa benar – benar ada dan nyata, maka akan muncul partisipasi dari dan untuk masyarakat”, tambah Fauzi. 
Selanjutnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung Sumarlinah, mengatakan dengan penghargaan yang diperoleh Desa Ngemplak ini dapat menjadi motivasi untuk desa – desa yang lainnya khususnya di Kabupaten Temanggung. 
“Kemarin langsung kita terapkan saat melakukan evaluasi tingkat desa yang mengundang pemerintah desa dari Kecamatan Jumo, Bulu serta Kandangan. Dalam Evaluasi tersebut Desa Ngemplak Kecamatan Kandangan dan Desa Pandemulyo Kecamatan Bulu yang telah lebih dulu ditunjuk untuk mengikuti pemeringkatan badan publik pemerintah desa se-Provinsi Jawa Tengah menjadi narasumber untuk memotifasi desa lainnya”, jelas Sumarlinah. 
Sumarlinah yang juga sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Temanggung menyebutkan kedua desa tersebut langsung diberikan kesempatan untuk memberikan tips untuk bisa dilaksanakan ke desa – desa lainnya. “Kedepannya kita juga akan menyiapkan minimal dua desa dan dua kelurahan untuk kita bina, sehingga ketika tahun 2019 mendatang saat penilaian kita sudah siap untuk dinilai’, tambah Sumarlinah. 
Sementara itu, selain Desa Ngemplak, penghargaan lain juga dibawa pulang oleh RSUD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dengan predikat cukup informative serta PPID Kabupaten Temanggung yang mendapatkan penghargaan dengan kategori Menuju Informatif, naik satu tingkat dari tahun kemaren yang mendapatkan kategori Cukup Informatif. (MC TMG/ Penulis ; Ria/ Foto ;Ekape / Editor: Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top