Iklan Layanan Masyarakat

Desa Caruban Wakili Lomba Lingkungan Bersih Tingkat Provinsi

Sabtu, 29 Sep 2018 13:37:53 1411

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center -  Mewakili Kabupaten Temanggung dalam lomba lingkungan bersih dan sehat ditingkat Provinsi Jawa Tengah, Dusun Kelingan Desa Caruban Kecamatan Kandangan Temanggung berharap dapat terus berlanjut mengikuti lomba tersebut hingga tingkat nasional. 
Usai mengikuti lomba lingkungan bersih dan sehat yang diadakan di tingkat desa tahun 2015 Desa Caruban berhasil menang, sehingga dapat maju pada tingkat kecamatan tahun 2016. Selanjutnya Desa Caruban kembali ditunjuk untuk mengikuti perlombaan tersebut ditingkat Kabupaten tahun 2017, sehingga tahun 2018 ini mampu mewakili Kabupaten Temanggung di tingkat provinsi. 
Disampaikan langsung oleh Kepala Desa Caruban Ratna Ardiyan, masyarakat di desa yang ia pimpin ini memang tergolong masyarakat aktif. Pasalnya, prestasi yang telah diperoleh masyarakat tersebut memang hasil kerjasama antara masyarakat dan juga pemerintah desa. “Kami bersama dengan tim pengerak PKK, kami mendukung sepenuhnya, apa yang diinginkan masyarkat, jadi kami tidak pernah memerintahkan masyarakat tapi masyarakat yang meminta untuk kami mendampingi mereka dalam kegiatan kebersihan ini” jelas Ratna saat mendampingi tim penilai di Kandangan Temanggung, Kamis (27/9).
Sementara itu, Ratna menyebutkan perlombaan ini diikuti oleh semua dusun yang terdapat di Desa Caruban. Namun memang lokasi penilaian di fokuskan di Dusun Kelingan yang memang dianggap mempunyai potensi yang dapat mendorong kemajuan masyarakat. 
“Kita fokuskan ke satu dusun tetapi jika tim juri menginginkan ke dusun lainnya, kami siap, dan juga Kelingan ini potensinya lebih banyak, jadi dari pengusaha kerajinan banyak yang di Kelingan, kami juga punya bank sampah yang mempelopori juga Kelingan, terus juga biopori juga Kelingan, sehingga untuk daerah lain memang masih berusaha mengikuti Dusun Kelingan”, tambah Ratna. 
Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung menyampaikan perlombaan semacam ini merupakan media penyuluhan paling efektif untuk masyarakat. “Lomba adalah media penyuluhan paling efektif untuk memotivasi, mengajak warga dalam hal ini masyarakat Desa Caruban untuk hidup bersih, sehat sekaligus peduli dengan lingkungannya”, ungkap Agus. 
Agus juga menyampaikan sangat optimis melihat kondisi Desa Caruban tersebut, karena masyarakat sangat aktif dan juga gotong royongnya sangat kompak. Ia berharap Desa Caruban ini kedepannya dapat menjadikan embrio sehingga dapat menginspirasi desa – desa lainnya untuk dapat mengajak mereka hidup bersih, sehat serta peduli dengan lingkungan. (MC TMG/ Penulis: Ria / Foto : Aji/ Editor: Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top