Iklan Layanan Masyarakat

Cakupan Vaksinasi 66 Persen, Warga Tetap Harus Waspada dan Disiplin Prokes

Jumat, 12 Nov 2021 16:05:49 844

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung Menjadi Inspektur Apel Hari Kesehatan Nasional Ke - 57.


Temanggung, MediaCenter - Cakupan vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah mencapai 66 persen. Pemerintah Kabupaten Temanggung terus berusaha meningkatkan cakupan vaksinasi dengan target sampai akhir tahun bisa mencapai di atas 70 persen. 

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, pandemi Covid-19 belum usai, sehingga kerja-kerja untuk penanganan Covid-19 terus dilakukan, diantaranya dengan menggencarkan vaksinasi. 

"Kami terus lakukan vaksinasi pada warga, baik yang suntikan pertama maupun kedua," kata Bupati, yang ditemui usai upacara peringatan Hari Kesehatan ke-57 tingkat Kabupaten Temanggung, di Halaman Kantor Bupati Temanggung, Jumat (12/11/2021).

Bupati mengimbau, warga tetap menerapkan kewaspadaan tinggi dengan penerapan protokol kesehatan. Begitu pula pada tenaga kesehatan harus waspada. Sebab kemungkinan dengan kondisi Covid-19 yang rendah di Temanggung tetap berpotensi terjadi lonjakan. Maka itu, untuk lebih berkonsolidasi dan menata diri sambil mengantisipasi, jika ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Menurut Bupati, peringatan Hari Kesehatan Nasional penting sekali dilaksanakan. Pada tahun ini, akan berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini lebih diwarnai sentimen penghargaan kepada para tenaga kesehatan dan para pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di garis terdepan dalam dua tahun terakhir.

"Mereka pantas mendapat penghargaan Temanggung, karena telah berjuang di baris terdepan penanganan Covid-19, perjuangan untuk penanganan Covid-19 ini sangat luar biasa berat," kata Bupati.

Hasil perjuangan para nakes, dapat dilihat hasilnya dengan keberadaan Temanggung masuk level 2 PPKM. Kasus Covid-19 sudah sangat stabil dengan angka kasus sangat kecil. 

"Meski ada korban jiwa, tetapi jumlahnya tidak terlalu besar," imbuhnya.

Bupati berharap, agar warga terus mematuhi protokol kesehatan, karena ancaman Covid-19 masih sangat mungkin terjadi. Yang kedua, tanamkan betul pola hidup sehat, baik sehat dalam laku keseharian dan sehat dalam pencukupan gizi makanannya.

"Selalu jaga kesehatan lingkungan, sehingga harapannya semua sehat wal afiat," harap Bupati.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung sudah mencapai 65,99 persen dan target bulan ini sudah mencapai 70 persen. 

"Saat ini, masih ada 100 ribu dosis vaksin, seperti Sinovac maupun AstraZeneca, masyarakat tidak usah khawatir kehabisan vaksin," kata Bupati. 

Ia menyampaikan, pada Senin (15/11/2021) akan tiba 100 ribu dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan untuk mengejar capaian 70 persen dan terbentuknya herd immunity. 

“Untuk vaksinasi pada lansia sudah mencapai 50 persen. Adapun PPKM di bulan depan ditargetkan akan mencapai level satu, dengan capaian jumlah vaksinasi sebesar 70 persen,” tandasnya. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top