Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Minta Jaga Kemurnian Tembakau Untuk Dongkrak Harga Jual

Selasa, 23 Nov 2021 18:00:29 544

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung, HM Al Khadziq saat meninjau gudang tembakau.


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengimbau kepada para petani untuk tidak mencampur tembakau asli Temanggung dengan tembakau dari luar daerah. Karena menurutnya, tembakau asli Temanggung terkenal dengan kualitas terbaiknya.

"Dengan mempertahankan tembakau asli Temanggung, kualitas tembakau akan jauh lebih baik dari tembakau yang dicampur dengan tembakau daerah lainnya, pihak pabrikan juga mau membeli tembakau dengan harga yang cukup mahal sesuai dengan kualitasnya," kata Bupati, usai meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021).

Bupati mengatakan, dari pembayaran yang dilakukan petani kali ini adalah periode akhir dari panen raya Tahun 2021 dan harga jual tembakau asli Temanggung sangat bagus. Terbukti yang grade C diharga Rp60.000 - Rp65.000 per kilogram, grade D Rp75.000-Rp80.000, bahkan sampai grade G dan H ada harga yang mencapai Rp850.000. 

"Harga tahun ini jauh lebih baik dari harga tembakau di Tahun 2020 lalu," imbuhnya. 

Sementara itu, salah satu petani Jenggo (48) mengatakan tembakau miliknya dengan kualitas Srintil terbaik dibeli dengan harga Rp850.000 per kilogram. Dari sejumlah tembakau yang dikelolanya, hanya ada satu keranjang saja yang menjadi tembakau srintil. 

"Tembakaunya asli tidak ada campuran, petani di daerah kami memang sudah komitmen untuk tidak mencampur tembakau dari daerah lain," katanya.

Ia mengatakan, tahun ini adalah musim kemarau basah, namun untuk kualitas tembakau justru lebih baik dari tahun kemarin, yakni dengan menanam varietas tembakau Kemloko, termasuk perawatan dan pengolahan dilakukan dengan cara terbaik. 

"Dari dulu kami memang sudah berusaha mempertahankan kualitas, jadi kami bisa menawar harga ke pabrikan, karena tembakau yang kami jual adalah tembakau asli Temanggung," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top