Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Hadiri Silaturahmi Paguyuban Haji KBIH Babussalam

Kamis, 26 Mei 2022 17:03:18 696

Keterangan Gambar : Bupati Hadiri Silaturahmi Paguyuban Haji KBIH Babussalam


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung HM Al Khadziq menghadiri acara silaturahmi Paguyuban Haji Babussalam Nahdlatul Ulama (NU) dengan tema Eratkan Silaturahim Lestarikan Kemabruran Haji bertempat di Gedung Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Babussalam NU Temanggung, Kamis (26/5/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua KBIH Babussalam H. Rohmadi, Rois Suriah KH Yaqob Mubarok, Pembimbing senior dan juga pendiri KBIH Babussalam, KH Muhammad Ridwan, Pengurus PHBU, KBIH dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Alhamdulilah ikut senang KBIH Babussalam semakin hari semakin berkembang maju, bukan hanya sarana prasarananya saja, tetapi juga kegiatannya. Bisa mempersatukan semua angkatannya, serta membina, baik spiritual maupun mental dari para jamaah haji di semua angkatan.

“Saya mohon maaf selama dua tahun ini, pemerintah meminta pertemuan demi pertemuan ditunda akibat pandemi, sehingga bapak, ibu yang terbiasa selapanan kloter dan kelompok terpaksa tidak dilaksanakan dan juga pertemuan di KBIH ini,” kata Bupati. 

Semua dilakukan, karena tugas negara yaitu melindungi segenap warga dari pandemi dan sekarang, pandemi sudah di tahap-tahap akhir. Para ahli sedang membahas, apakah akan disudahi, sehingga ditetapkan sebagai endemi atau apakah harus  berhati-hati.

“Sekarang kita sudah merasakan, nampaknya pandemi ini sudah tahap akhir dengan ditandai pemerintah sudah memberi kelonggaran, seperti Hari Raya Idul Fitri kemarin, pemerintah sudah membolehkan Salat Ied berjamaah. Sudah memperkenankan silaturahmi Lebaran dan pulang kampung dari kota-kota besar sudah dibuka dengan leluasa, sehingga momen ini disambut oleh KBIH NU Babussalam hari ini dengan mengadakan acara silaturahmi dan halal bi halal,” imbuhnya. 

Dengan demikian, mari bersama sambut era baru, pasca pandemi dengan menutup luka yang terjadi selama dua tahun harus menahan diri. Selama ini hubungan persaudaraan, ikatan diantara kita mengendor, karena jarak pertemuan perkumpulan, sekarang dieratkan lagi ikatan persaudaraan di antara kita semua.

"Semoga silaturahmi antar masyarakat, budaya dan paseduluran di Kabupaten Temanggung tetap lestari dan semoga dengan pandemi ini, kita justru mendapat hikmah untuk lebih saling membantu, menguatkan satu dengan yang lainnya,” tandasnya. 

Pemerintah Kabupaten Temanggung ingin selalu berada di tengah-tengah masyarakat, baik dalam kegiatan maupun pembangunan, seperti dalam pembangunan gedung KBIH Babussalam, pemerintah ikut andil walaupun tidak besar. Dalam kegiatan keagamaan, pemerintah selalu berpartisipasi sebagai bagian dari tugas untuk membina kehidupan umat dan masyarakat.

“Jadi kita syukuri dari setiap angkatan menjadi wujud bangunan-bangunan   yang kita semua yakin amal jariyah itu pahalanya akan terus mengalir bukan hanya hari ini, tetapi seterusnya illa yaumil kiyamah,” pungkas Bupati. 

Ketua KBIH Babussalam, H Rohmadi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati dalam acara silaturahmi. Jadi ini benar-benar perhatian yang serius dari Pemkab Temanggung terhadap KBIH Babussalam. 

“Selamat datang kepada alumni jamaah haji, saya melakukan riset kapasitas kegiatan, jadi saya melakukan tasyakuran haji tahun 2019 belakang panggung ini muat 2.000 orang, sedangkan alumninya 6.000 orang. Kalau di undang semuanya bisa sampai depan INISNU sana kursinya," tuturnya. 

Ia menambahkan, Akademi Keperawatan (AKPER) yang dulunya di Maron, sekarang milik dan dikelola NU, KBIH Babussalam diminta untuk membantu mengelola agar lebih mudah dalam perjalanan kegiatannya.

"AKPER sekarang dikelola oleh NU, monggo bapak, ibu yang mempunyai anak akan masuk ke universitas kesehatan, bisa daftarkan ke sini termasuk INISNU," imbuhnya. 

Rohmadi juga menyampaikan, bahwa INISNU ibarat 'kakak ipar' KBIH Babussalam, karena dulu KBIH Babussalam dipinjami gedung dan fasilitas, maka sudah sepantasnya KBIH Babussalam membantu kegiatan INISNU. 

"Untuk haji tahun 2022 ini, Kabupaten Temanggung sebanyak 278 jamaah yang berangkat, beda dengah tahun 2019 yang berangkat 1.700 lebih jamaah haji. Jadi tahun ini belum normal di semua kabupaten, kecuali tiga kabupaten diantaranya Kota Semarang, Kudus dan Jepara yang di atas satu kloter, lainnya di bawah satu kloter termasuk Temanggung, dari KBIH Babussalam sendiri sebanyak 165 jamaah haji, sisanya 113 dibagi 2 kelompok," pungkasnya. (MC.TMG/chy;tfa;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top