Iklan Layanan Masyarakat

Bupati dan Wabup Berikan Arahan Kepada Gugus Tugas Covid Tingkat Desa

29 Mar 2020 46


Temanggung-Mediacenter. Bupati serta Wakil Bupati dan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Temanggung, mendatangi 20 (dua puluh) kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, dimulai hari Jumat (27/3/2020) sampai dengan hari Senin (30/3/2020). Kegiatan dipusatkan ditiap-tiap kecamatan yang didatangi secara bertahap selama empat hari.

Himbauan untuk siap dan harus siap dalam menangani dan menghambat kedatangan tetangga, saudara atau orang yg tidak dikenal yang masuk ke desa masing-masing, menjadi bahasan utama dalam pengarahan gugus tugas tingkat desa.

Sebagai langkah awal dalam memutus penyebaran covid, diinstruksikan gugus  penanganan untuk mengeluarkan surat peringatan bagi warga yang pulang dari merantau luar kota untuk mengkarantina selama 14 hari tidak boleh keluar dr rumah.

Karena satu orang yang terkena virus bisa menyebarkan ke 70 orang lainnya, penyebaran yang sangat cepat dan hanya bisa dikendalikan penyebarannya, tanpa bisa menghindarinya.

"Mulailah dari diri kita untuk kepentingan kita juga orang disekitar kita, karena musuh kita saat ini jelas tapi tidak terlihat, maka dari itu tumbuhkan kewaspadaan dengan menjaga agar kita serta lingkungan kita benar-benar bebas dari virus ini, selalu cuci tangan, jaga kesehatan, hindari kerumunan untuk mencegah masuknya virus covid ini" diungkapkan Joko Prastyono selaku Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan covid 19.

Heri Ibnu Wibowo selaku Wakil Bupati Temanggung menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan juga mengajak mematuhi peraturan pemerintah agar mengurangi kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, "Marilah kita mulai saat ini menjaga jarak bukan berarti memutus tali silaturahmi, karena untuk mencegah virus yang cara penyebarannya melalui interaksi antar personil, tidak apa apa dibilang egois untuk sementara waktu, ini demi kita dan orang disekitar kita, selalu waspada itu sangat penting" ungkap wakil bupati Temanggung.

Dalam pengarahannya Bupati Temanggung HM Al Khadziq menegaskan pentingnya peran Gugus Tugas Desa untuk senantiasa menghambat masuknya Covid 19 ke desa-desa, "Ketegasan dan kesungguhan dibutuhkan oleh gugus desa, selalu awasi dan peringatkan warganya, supaya selalu mendata setiap warga yang bepergian kemana atau darimana, seumpama ada warga yang baru pulang dari daerah rawan supaya ambil tindakan tegas dikarantina rumah selama 14 hari tidak boleh keluar rumah atau berinteraksi dengan warga sekitarnya, itu demi kebaikan kita bersama dan itulah salah satu tugas gugus desa yang dibentuk ini" tegas Bupati dalam pengarahannya.

Sedangkan untuk anggaran kinerja gugus desa dialokasikan dari dana desa, dalam perencanaannya boleh dilaksanakan dulu pemakaiannya karena sudah ada peraturan untuk menggunakan sebagian dana desa seperti dijelaskan Kepala Dinpermades Kabupaten Temanggung Gema Artisti. (MC.TMG/Coeplis;Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top