Iklan Layanan Masyarakat

BMKG Siapkan 29 Titik Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1442 H

Minggu, 09 Mei 2021 10:31:01 870

Keterangan Gambar : BMKG menyiapkan 29 titik sebagai lokasi Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 Hijriah.  Foto : BMKG


Temanggung, MediaCenter - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan 29 titik sebagai lokasi Rukyatul Hilal atau pemantauan Hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 Hijriah. 

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono, Sabtu (8/5/2021) mengatakan mekanisme pengamatan/rukyat Hilal penentu awal bulan Qomariah (Hijriyah) oleh BMKG adalah dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi.
 
Saat pengamatan dilaksanakan, kecerlangan cahaya Hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi bulan di ufuk barat. 

"Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan secara online ke seluruh dunia melalui http://www.bmkg.go.id/hilal," katanya.
 
Rahmat menyebutkan, berdasarkan data Hilal awal Syawal 1442 H di atas, dikarenakan posisi hilal minus, maka hilal tidak akan teramati pada Tanggal 11 Mei 2021.
Sedangkan pada Tanggal 12 Mei 2021 berdasarkan ilmu astronomi dan data rekor Hilal terlihat oleh BMKG serta jika cuaca cerah (terutama di ufuk barat), potensi sedang hingga besar hilal terlihat (teramati).

Lebih lanjut, ia menjelaskan data Hilal Awal Syawal 1442 H (2021 M)
Konjungsi (Ijtimak) awal bulan Syawal 1442 H terjadi pada Rabu, 12 Mei 2021 pukul 01.59.47 WIB atau 02.59.47 WITA atau 03.59.47 WIT, sehingga dapat disimpulkan bahwa di wilayah Indonesia konjungsi (ijtimak) terjadi sebelum matahari terbenam, yaitu paling awal di Merauke (Papua) pukul 17.37.16 WIT dan paling akhir pukul 18.46.31 WIB di Sabang, (Aceh).

Dengan data hilal sebagai berikut :

-Data Hilal tanggal 11 Mei 2021 adalah tinggi Hilal berkisar antara -5,61° di Jayapura (Papua) sampai dengan -4,37° di Pelabuhan Ratu (Jawa Barat). Elongasi berkisar antara 4,56° di Banda Aceh, Aceh sampai dengan 5,87° di Waris, Papua. Umur Bulan berkisar antara -10,54 jam di Merauke, Papua sampai dengan -7,22 jam di Sabang, Aceh. Lag berkisar antara -20,07 menit di Jayapura, Papua sampai dengan -15,19 menit di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Kecerlangan Bulan (Fraksi Iluminasi Bulan) Sabit Tua berkisar antara 0,16% di Banda Aceh, Aceh sampai dengan 0,26% di Waris. Objek Benda Langit yang dapat disangka sebagai hilal adalah Venus, berjarak sudut lebih kecil 5° dari bulan.

-Data Hilal tanggal 12 Mei 2021 adalah Tinggi Hilal berkisar antara 4,48° di Merauke, Papua sampai dengan 6.05° di Sabang, Aceh. Elongasi berkisar antara 5,31° di Merauke, Papua sampai dengan 6,74° di Sabang, Aceh. Umur Bulan berkisar antara 13,45 jam di Merauke, Papua sampai dengan 16,78 jam di Sabang, Aceh. Lag berkisar antara 22,57 menit di Merauke, Papua sampai dengan 29,50 menit di Sabang, Aceh. Kecerlangan Bulan* (Fraksi Iluminasi Bulan) berkisar antara 0,22% di Merauke, Papua sampai dengan 0,35% di Sabang, Aceh. Objek Benda Langit yang dapat disangka sebagai hilal adalah Venus, berjarak sudut lebih kecil 5° dari bulan.

Dalam penentuan awal bulan Syawal 1442 H, BMKG akan melaksanakan Rukyatul Hilal selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 11 dan 12 Mei 2021 di 29 lokasi di Indonesia, sebagai berikut :

1.    Danau Sentani, Kab. Jayapura, Prov. Papua oleh Tim BBMKG Wil V Jayapura.

2.    Gedung Bupati Sarmi, Prov. Papua oleh Tim BMKG Stageof Jayapura.

3.    RoofTop lt.8 Hotel Kyriad, Sorong, Prov. Papua Barat oleh Tim BMKG Stageof Sorong, dan Tim Kemenag Kota Sorong.

4.    Tugu Christina, Ambon Prov. Maluku oleh Tim BMKG Stageof Ambon.

5.    Tower Observatori Hilal BMKG Ave Taduma, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara oleh Tim BMKG Stageof Ternate dan Tim Hisab Rukyat Kota Ternate.

6.    Pantai Wolulu, Tanggetada Kab. Kolaka, Prov. Sulawesi Tenggara oleh Tim BMKG Stageof Kendari, Tim Kemenag Sultra dan Tim IAIN Kendari.

7.    GTC Makassar, Prov Sulawesi Selatan oleh Tim BMKG Stageof Gowa, Tim BBMKG Wilayah IV dan Tim Kemenag SulSel.

8.    Gedung Rektorat IAIN Sultan Amai Gorontalo oleh Tim BMKG Stageof Gorontalo dan Tim Kemenag Prov. Gorontalo.

9.    Gedung Observasi Hisab Rukyat Kemenag Sulteng, Desa Marana Kec. Sindue Kab. Donggala, Prov. Sulawesi Tengah oleh Tim BMKG Stageof Palu dan Tim Kemenag Prov. Sulteng.

10.    RoofTop Mega Trade Center, Kec. Wenang, Manado, Prov. Sulawesi Utara Tim BMKG Stageof Manado dan Tim Kemenag Prov. Sulawesi Utara.

11.    Tower Masjid Balikpapan Islamic Center, Jl. Belibis Gunung Bahagia Balikpapan Prov. Kalimantan Timur oelh Tim BMKG Stageof Balikpapan dan Kemenag Balikpapan.

12.    Dermaga Kokar, Alor Timur Laut, NTT oleh Tim BMKG Stageof Alor.

13.    Balkon Hotel Aston Kupang, Kec. Kelapa Lima Kota Kupang, Prov. NTT oleh Tim BMKG Stageof Kupang & Kanwil Kemenag Prov. NTT.

14.    Bukit Persaudaraan Mauliru, Kambera Kab. Sumba Timur, Prov. NTT oleh Tim Stageof BMKG Sumba Timur dan Kantor Kemenag Sumba Timur.

15.    Pantai Loang Baloq, Kota Mataram, Prov. NTB oleh Tim BMKG Stageof Mataram dan Kanwil Kemenag NTB.

16.    Pantai Patra Jasa, Kuta, Kab. Badung, Prov. Bali oleh Tim BBMKG Wil III Bali dan Kemenag Prov. Bali.

17.    RoofTop Kantor BBMKG Wil III Kab. Badung, Prov. Bali oleh Tim BBMKG Wil III Bali dan Tim BMKG Stageof Denpasar.

18.    Teluk Putri, Pantai Ngliyep, Kab. Malang, Jawa Timur  oleh Tim BMKG Stageof Malang dan Tim Kemenag Kab. Malang.

19.    Gedung Heha Sky View Gunung Kidul Yogyakarta oleh Tim BMKG Stageof Sleman Yogyakarta.

20.    Lapangan Desa Kebutuh Duwur Banjarnegara, Prov. Jawa Tengah oleh Tim BMKG Stageof Banjarnegara dan Kemenag. Kab. Banjarnegara.

21.    Pantai Gebang, Cirebon, Prov. Jawa Barat oleh Tim Pusdiklat BMKG.

22.    Tower SMA Astha Hanas Subang, Prov Jawa Barat oleh Tim BMKG Stageof Bandung dan Tim BHRD Prov. Jawa Barat.

23.    Pantai Anyer, Kab. Serang Prov.Banten oleh Tim BMKG Stageof Tangerang dan Tim Kemenag Prov. Banten.

24.    Pantai Tanjung Pasir, Kab. Tangerang, Prov. Banten oleh Tim PSGT BMKG dan Tim BBMKG Wil II Tangerang Selatan.

25.    Mess Pemda Bengkulu, Prov.Bengkulu oleh Tim BMKG Stageof Kepahiang dan Tim Hilal Kemenag Prov. Bengkulu.

26.    Gedung Kebudayaan, Padang Prov Sumatera Barat oleh Tim BMKG Stageof Padang Panjang dan Tim Kemenag Prov. Sumatera Barat.

27.    Kantor Stageof Deli Serdang, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang Prov Sumatera Utara oleh Tim BMKG Stageof Deli Serdang.

28.    RoofTop Kantor BBMKG Wilayah I Medan, Prov. Sumatera Utara oleh Tim BBMKG Wil I Medan. 

29.    Pusat Observatorium Pengamatan Hilal Kemenag di Lhoknga Kabupaten Aceh Besar oleh Tim BMKG Stageof Aceh Besar dan Tim Hilal Kemenag Prov. Aceh. (MC.TMG/BMKG;Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top