Iklan Layanan Masyarakat

BAZNAS Temanggung Berikan Beasiswa Formal dan Nonformal

Senin, 22 Mei 2023 14:27:16 670

Keterangan Gambar : BAZNAS Temanggung Berikan Beasiswa Formal dan Nonformal


Temanggung, Media Center – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Temanggung memberikan beasiswa pendidikan formal dan non formal. Setiap tahun ajaran baru, BAZNAS memberikan 120 lebih beasiswa untuk siswa jenjang SLTA.

Kepala BAZNAS Temanggung, Manshur Asnawi mengatakan, salah satu beasiswa untuk pendidikan formal adalah beasiswa Tuntas. Saat ini, jumlah penerima beasiswa tersebut lebih dari 400 siswa pada jenjang SLTA. 

Ia mengatakan, setiap tahun ajaran baru ada sekitar 120 siswa lebih penerima. Jumlah tersebut kemudian dikali 3 angkatan, ditambah dengan salah satu sekolah di Temanggung yang memiliki jenjang pendidikan 4 tahun. Sehingga di sekolah tersebut terdapat 4 angkatan.

“STEMBA atau SMK N 1 Temanggung itu jenjang pendidikannya 4 tahun, tapi di sana banyak siswa yang pintar-pintar, sehingga kami berikan beasiswa kepada mereka,” katanya, Senin (22/5/2023) saat ditemui di Kantor BAZNAS Temanggung. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Temanggung dengan mengurangi biaya yang harus mereka tanggung. Pihaknya menargetkan agar di masa depan, masyarakat muslim memiliki pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga ke depan, income Kabupaten Temanggung akan semakin tinggi dan persaingan dunia ekonomi dan pemerintahan akan banyak dikuasai oleh orang Temanggung. 

“Misalnya yang kerja di pabrik Bengkal milik Korea itu kan masyarakat Temanggung tidak bisa bersaing dengan masyarakat lain. Akhirnya yang tertampung di situ adalah dari orang luar Temanggung. Padahal pabriknya ada di Temanggung,” katanya. 

Bagi santri, pihaknya juga memberikan beasiswa dalam bentuk syahriyah atau SPP bulanan. 

"Beasiswa santri adalah bagi mereka yang mondok di wilayah Temanggung karena fii sabilillah," pungkasnya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top