Iklan Layanan Masyarakat

Baznas Berikan Beasiswa Kepada Santri Tahfidz di Temanggung

Selasa, 26 Jan 2021 16:45:02 776

Keterangan Gambar : Sejumlah tokoh ulama di Temanggung hadiri menyerahkan beasiswa tahfidz Al-Qur


Temanggung, MediaCenter - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyerahkan beasiswa tahfidz Al-Qur'an kepada 13 santriwan-santriwati di Aula Baznas Temanggung, Selasa (26/1/2021 ). Beasiswa diberikan kepada santriawan-santriwati yang khatam 30 Juz Al-Qur’an yang berasal dari sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Temanggung.

Hadir dalam kegiatan tersebut pengasuh Pondok Pesantren Nida Al-Qur'an, Paladan, Tegalsari, Kedu, K.H Hasim Afandi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Temanggung K.H Yakub Mubarok dan sejumlah tokoh ulama lainnya. 

Dalam sambutannya, K.H Hasyim Afandi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Baznas Temanggung atas kiprahnya dalam memberikan bantuan beasiswa bagi para santriawan-santriwati.

“Diharapkan dengan adanya beasiswa akan semakin banyak para santri yang khatam dan mampu menghafal Al-Qur'an. Hal penting adalah mempersiapkan generasi muda para santri yang mampu memahami dan menghafal Al-Quran sebagai cikal bakal imam salat dan pemimpin masa depan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua MUI Kabupaten Temanggung K.H Yakub Mubarok, yang mengatakan bahwa selain mampu khatam dan menghafal Al-Qur'an, para santri juga diharapkan bisa menghafal tafsir Al -Qur'an.

“Dengan demikian pemahaman akan isi kandungan kitab suci Al-Qur'an semakin meningkat untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Ketua Baznas Kabupaten Temanggung  H. Djundardo mengatakan, program beasiswa  bagi  santri tahfiz Al-Quran bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui zakat dengan memfasilitasi para santri  untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al Quran.

Lebih lanjut dijelaskan, beasiswa tahfidz Al-Qur'an diberikan kepada 60 santri pondok pesantren yang  khatam Al-Qur'an 30 juz dengan nominal beasiswa sejumlah Rp. 450.000.

“Untuk tahap pertama ini diserahkan kepada  13 santri yang terdiri dari 2 santri putra dan 11 santri putri dari berbagai pondok pesantren, antara lain Ponpes Nurul Falah, Al-Hikmah, Al-Munawar, Nida Al-Qur'an, Al-Rifa'i, Talimatul Aulad Al Jalal dan dari Ponpes Zaidatul Ma'arif,” ungkapnya.

Selain beasiswa tahfidz Al -Qur'an,  Baznas Temanggung juga memberikan  beasiswa tuntas SLTA atau disebut dengan istilah Bintang Baznas.

“Pada tahun 2020 lalu, Baznas Temanggung membiayai 300 siswa yang setiap siswa menerima Rp. 4.600.000 per tahun dan  bantuan pendidikan insidentil dari anak tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA  bagi anak-anak yg tidak mendapat beasiswa,” jelas Djundardo.

Ia menambahkan, selain memberikan beasiswa, Baznas Temanggung juga memberikan bantuan lain, diantaranya bantuan kesehatan bagi orang miskin, bantuan modal kerja micro finance, bantuan  bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19, bantuan air bersih,bantuan kepada korban bencana kebakaran, bantuan bagi difabel berupa kursi roda, kaki palsu dan juga alat dengar bagi yang membutuhkan.

"Dana yang kita tasharufkan merupakan dana yang dikumpulkan dari  para PNS  maupun warga masyarakat lainnya yang menyetorkan zakatnya ke Baznas Temanggung. Diharapkan jumlahnya terus bertambah, sehingga banyak program yang bisa digarap  untuk membantu kaum duafa supaya kesejahteraannya meningkat," pungkasnya. (MC TMG/Edi;Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top