Iklan Layanan Masyarakat

Apel Bersama Satlinmas, Pj. Bupati: Jaga Situasi Tetap Aman dan Kondusif

Selasa, 06 Feb 2024 19:27:52 157

Keterangan Gambar : Apel Bersama Satlinmas, Pj. Bupati: Jaga Situasi Tetap Aman dan Kondusif


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menghadiri Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu Tahun 2024, yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Bulu, Temanggung, Selasa (6/2/2024). 

Apel yang diinisiasi Bawaslu Kabupaten Temanggung tersebut diikuti oleh 553 Satlinmas dari 19 desa di Kecamatan Bulu.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati menyampaikan, terima kasih kepada Ketua dan Komisioner Bawaslu Temanggung yang telah memastikan semua organ pengawasan Pemilu di Kabupaten Temanggung dalam kondisi siap. 

“Hari ini, kita bisa melihat kesiapan pengawasan, baik dari kesiapan fisik, kesiapan pemahaman peraturan dan kekompakan, serta kebersamaan semua organ pengawasan, dimulai dari Panwas tingkat kecamatan sampai Panwas tingkat desa,” ungkapnya. 

Pj. Bupati menyampaikan, bahwa yang sedang dikerjakan saat ini adalah sebuah bagian sejarah, serta memberikan kontribusi penting dalam pembangunan demokrasi di Indonesia. 

Pemilu akan dilaksanakan 8 hari lagi, dengan tahapan kampanye sisa 4 hari lagi dan selanjutnya, pada tanggal 11-13 Februari adalah hari tenang, dan pada tanggal 14 Februari 2024 akan dilaksanakan pemungutan suara dalam Pemilu serentak, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD RI, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. 

Oleh karena itu, Pj. Bupati menyampaikan kepada seluruh anggota pengawasan untuk mempersiapkan diri secara matang, menjaga kesehatan, menguasai aturan-aturan yang berlaku, dan memastikan komunikasi dalam organisasi berjalan dengan baik dan lancar.

“Kawal terus semua tahapan Pemilu, khusus untuk hari tenang, kita semua harus membuat iklim masyarakat yang sehat dan kondusif, sehingga masyarakat bisa jernih berfikir untuk memberikan hak pilihnya dengan baik,” tambahnya.

Pj. Bupati juga mengimbau untuk tetap melaksanakan koordinasi dan sinergi kepada semua pihak, baik pemerintah daerah, TNI, Polri, dan kejaksaan. 

Di samping melaksanakan pengawasan semua tahapan Pemilu, semua jajaran pengawasan Pemilu harus juga melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. 

“Masyarakat harus melek politik dan menjadi warga negara yang terampil dan berpengetahuan luas tentang Pemilu, serta sistem politik, paham hak dan kewajiban, serta cara-cara mereka dalam berpartisipasi pada proses politik, sehingga proses politik di Kabupaten Temanggung menjadi berkualitas,” tambahnya. 

Pj. Bupati juga mengajak, seluruh komponen masyarakat agar turut serta menjaga situasi dan kondisi di Kabupaten Temanggung tetap aman dan kondusif, sehingga dengan terciptanya rasa aman dan kondusif di masyarakat akan mendukung perwujudan kedaulatan masyarakat dalam memberikan suara. 

"Saya meyakini apabila hal-hal tersebut dapat dilaksanakan, InsyaAllah, Pemilu di Kabupaten Temanggung akan berjalan dengan luber, jujur dan adil,” pungkasnya. (sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top