Iklan Layanan Masyarakat

Antisipasi Perang Sarung, Polres Temanggung Gelar Patroli Gabungan

Selasa, 27 Mar 2023 15:31:00 647

Keterangan Gambar : Antisipasi Perang Sarung, Polres Temanggung Gelar Patroli Gabungan


Temanggung, MediaCenter – Walaupun sudah sering dilakukan sosialisasi serta imbauan Kamtibmas, aksi perang sarung masih terjadi di beberapa wilayah pada saat Bulan Ramadhan.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi memalui Kabag Ops Kompol Yanu Fajar Saptono menerangkan, pihaknya pada Sabtu (25/3/2023) malam dan Senin (27/3/2023) dinihari, beserta Polsek jajaran berhasil mengamankan beberapa pemuda yang diduga akan melakukan aksi tawuran menggunakan sarung atau sering disebut perang sarung.

“Beruntung sebelum mereka melakukan aksinya dapat dicegah oleh masyarakat bersama petugas yang melakukan patroli,” terangnya. Senin (27/3/2023) di Mapolres Temanggung.

Kompol Yanu menjelaskan dari data yang ada, para pelaku perang sarung ini usianya masih di bawah umur dan statusnya masih pelajar dan dalam melaksanakan aksinya biasanya mereka janjian dahulu di tempat yang sudah disepakati melalui pesan group dan juga media sosial.

“Selama Ramadhan berhasil kita amankan sembilan anak remaja yang akan melakukan perang sarung dan lima sepeda motor yang ditinggalkan pemiliknya,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dari para pelaku perang sarung petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa lima buah sarung yang diikat ujungnya berisi ruji kecil dan batu, kesemuanya diamankan dan di bawa ke Polsek terdekat untuk dilakukan pendataan serta pembinaan.

“Para pelaku kita bawa ke Polsek beserta barang bukti, kemudian kita hadirkan orang tua untuk menjemputnya serta membuat pernyataan dan untuk efek jera serta pembinaan kita wajibkan lapor ke Polsek setiap hari Senin,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Yanu mengungkapkan dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Temanggung, Polres Temanggung, Polda Jateng beserta jajarannya selama bulan Ramadhan aktif melaksanakan patroli maupun razia, baik itu pada saat menjelang berbuka puasa, dilanjutkan patroli malam dan patroli sahur.

“Polres Temanggung, Polda Jateng hadir di tengah-tengah masyarakat, dan semoga masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa bisa khusyuk dan tidak terganggu,” lanjutnya.

Tidak lupa, Kompol Yanu mengimbau kepada masyarakat agar mengawasi anak-anaknya yang masih remaja dan memberikan pengertian juga edukasi kepada mereka tentang bahaya tawuran, perang sarung, balap liar dan juga konvoi serta membunyikan petasan bagi diri sendiri, lingkungan dan juga orang lain.

“Mari sama-sama kita awasi dan juga memberi pengertian kepada anak-anak kita dan kami sarankan setelah pukul 22.00 WIB anak-anak tidak berkumpul maupun beraktifitas di luar rumah,” pungkasnya.(MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top