Iklan Layanan Masyarakat

216 Siswa Semangat Gali Potensi dan Karakter dalam Lomba Bulan Bahasa se-Kabupaten Temanggung

Selasa, 21 Nov 2023 14:58:45 222

Keterangan Gambar : 216 Siswa Semangat Gali Potensi dan Karakter dalam Lomba Bulan Bahasa se-Kabupaten Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat SMP Kabupaten Temanggung menggelar Lomba Bercerita/Mendongeng, Membaca Puisi, dan Olimpiade Kebahasaan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Temanggung, Kamis (16/11/2023) lalu. 

Total sejumlah 216 peserta hadir untuk mengikuti Lomba Bulan Bahasa yang berasal dari 72 SMP/MTs se-Kabupaten Temanggung. 

Kepala Dindikpora Temanggung, Agus Sujarwo yang hadir didampingi Ketua MKKS, Eka Gunadi, membuka Lomba Bulan Bahasa se-Kabupaten Temanggung Tahun 2023 tersebut menyampaikan pentingnya literasi bahasa bagi siswa-siswi generasi penerus bangsa. 

"MGMP menyelenggarakan Olimpiade Bahasa tidak lain tidak bukan adalah untuk menguatkan karakter, khususnya di bidang literasi. Literasi ini tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga harus mampu menguasai bahasa. Jangan sampai nanti bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia, diambil oleh bangsa lain. Semoga tahun-tahun ke depan kita terus bisa melakukan kegiatan ini, sehingga bisa mengangkat nilai budaya dan karakter siswa-siswi anak-anak kita di Temanggung," tuturnya. 

Koordinator MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP dan juga selaku Kepala SMP Negeri 3 Kandangan, Istori yang ditemui pada Senin (20/11/2023) menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Lomba Bulan Bahasa se-Kabupaten Temanggung adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan daya nalar siswa, khususnya siswa SMP/MTs.

"Lomba Bulan Bahasa merupakan agenda tahunan dan tujuan dari lomba ini adalah untuk melatih kebiasaan siswa yang hubungannya dengan kebahasaan. Jadi nanti ada tiga kegiatan, yakni Olimpiade Kebahasaan, Lomba Bercerita/Mendongeng, dan Lomba Membaca Puisi. Lomba ini juga menjadi wadah untuk melatih siswa agar mau tampil di hadapan umum yang erat kaitannya dengan literasi kebahasaan," imbuh Istori. 

Meski tidak dilaksanakan di Bulan Oktober (Bulan Bahasa), lomba yang digelar oleh MGMP Bahasa Indonesia tingkat SMP ini tetap dinantikan oleh sekolah-sekolah. Antusiasme SMP/MTs dapat dilihat dari jumlah sekolah yang mengirimkan peserta dalam Lomba Bulan Bahasa. 

"Alhamdulillah partisipasi dari sekolah-sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan sangat antusias, karena sempat terhalang pandemi. Harapan kami dari MGMP ini semoga tahun-tahun ke depan sekolah yang belum bisa mengikuti lomba dapat mengikuti dan ikut berpartisipasi dalam Lomba Bulan Bahasa," pungkasnya.

Adapun daftar juara dalam perlombaan tersebut adalah sebagai berikut :
Lomba Mendongeng
Juara 1 : SMP 2 Temanggung
Juara 2 : SMP Nida AlQuran
Juara 3 : SMP 6 Temanggung
Harapan 1 : SMP 1 Temanggung 
Harapan 2 : SMP 3 Temanggung
Harapan 3 : SMP 1 Bulu

Lomba Baca Puisi
Juara 1 : SMP 2 Temanggung
Juara 2 : SMP 6 Temanggung
Juara 3 : SMP 1 Temanggung
Harapan 1 : SMP Nida Al Quran
Harapan 2 : SMP 4 Temanggung
Harapan 3 : SMP Al Iman

Olimpide Literasi Bahasa Indonesia
Juara 1 : SMP 2 Temanggung
Juara 2 : SMP 1 Parakan
Juara 3 : SMP 1 Tlogomulyo
Harapan 1 : MTs 1 Temanggung 
Harapan 2 : SMP Muhammadiyah 5 Kandangan
Harapan 3 : SMP Nida Al Quran (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top