Iklan Layanan Masyarakat

17 BUMN Kolaborasi Tingkatkan Pariwisata dan UMKM Temanggung

Senin, 17 Nov 2023 12:40:15 252

Keterangan Gambar : 17 BUMN Kolaborasi Tingkatkan Pariwisata dan UMKM Temanggung


Temanggung, Media Center - Sebanyak 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk peningkatan sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (17/11/2023).  

Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, usai penyerahan bantuan program kolaborasi mengatakan program kolaborasi ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dan pariwisata di Desa Rejosari, Kecamatan Bansari, dan Desa Gentan, Kecamatan Kranggan. 

"Potensi yang sebetulnya bisa di unlock, dibantu oleh teman-teman CSR BUMN, sehingga ini secara signifikan bisa meningkat. Oleh karena itu, setelah program ini, harapannya teman-teman akan mengukur impact yang mana ini sesuatu yang konsen Bapak Menteri, yaitu impact atas program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN betul-betul terasa, nyata, terukur," katanya.

Ia mengatakan, program kolaborasi BUMN ini diberi nama "BUMN Teman Bersenyum", yakni BUMN untuk Temanggung yang bersih, sehat dan nyaman untuk umum. 

"Dalam program ini yang merupakan kolaborasi dari 17 BUMN, yaitu PT. Pegadaian, Garuda Indonesia, PT. Pelindo, PT. Angkasa Pura II, Mandiri, BNI, PT. Telkom Indonesia, PLN, Air Nav Indonesia, Perum Perhutani, Perum Peruri, PT. Wijaya Karya, PT. Pembangunan Perumahan (PP), PT. Hutama Karya, PT. Taspen, Surveyor Indonesia dan Permodalan Nasional Madani," terangnya.

Ia mengatakan, kedua desa ini memang menyimpan potensi sangat besar yang masih memerlukan polesan dan binaan untuk menjadi desa yang maju. Melalui program Kolaborasi BUMN ini akan dapat berlanjut di masa datang untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi kepada masayarakat di desa pada khususnya dan bagi masyarakat Kabupaten Temanggung pada umumnya. 

Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo mengatakan, kolaborasi 17 BUMN tersebut telah berhasil merealisasikan beberapa solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat Kabupaten Temanggung.

"Program kolaborasi ini sekaligus membantu tugas pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera," katanya.

Pj. Bupati mengatakan, BUMN Teman Bersenyum memberikan bantuan ke masyarakat berupa pembangunan kios UMKM di Desa Rejosari, Kecamatan Bansari, pipanisasi saluran air bersih di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, bantuan sarana dan prasarana rumah kemasan di Desa Rejosari Kecamatan Bansari, bantuan sarana dan prasarana camping ground di Desa Rejosari, Kecamatan Bansari, pelatihan manajemen BUMDes di Desa Gentan dan Desa Rejosari, serta  pelatihan digital marketing di Desa Gentan dan Desa Rejosari. 

"Bantuan yang diberikan oleh kolaborasi 17 BUMN ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik, dijaga dan dirawat dengan baik, baik kios, maupun pipa air, sarpras rumah kemasan bagi UMKM dan juga camping ground untuk peningkatan fasilitas kepariwisataan di Rejosari ini juga hendaknya dapat dioptimalkan penggunaanya," imbuhnya. 

Ia berharap, untuk kegiatan pelatihannya, kami harapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif, apalagi untuk pemuda dan pemudinya agar dapat meningkatkan skill, serta keterampilan.

"Ini untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dari desa, sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat dapat tercapai," pungkasnya. 

Pj. Bupati berharap, untuk ke depannya bisa lebih banyak BUMN yang dapat memberikan kontribusi kepada Kabupaten Temanggung dan lebih banyak program yang dapat dilaksanakan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top