Iklan Layanan Masyarakat

Warga Lansia Jadi Sasaran Prioritas Vaksin Selanjutnya

Jumat, 12 Mar 2021 08:57:37 1153

Keterangan Gambar : Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Khabib Mualim mengatakan, sebanyak 65.000 lansia di Kabupaten Temanggung akan disasar vaksinasi Covid-19. Jumlah lansia yang akan divaksin tersebut sesuai dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.  

"Rencananya vaksinasi akan dilakukan pada Senin (15/3/2021). Untuk jumlah lansia yang akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung sekitar 65.000. Jumlah ini berdasar data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," katanya Kamis (11/3/2021).

Untuk keperluan vaksinasi, saat ini Kabupaten Temanggung sudah mendapatkan tambahan vaksin untuk 5.000 orang. Dari jumlah tersebut 2.000 diperuntukkan bagi lansia, sedangkan yang 3.000 lainnya untuk para perangkat desa. 

Pelaksanaan vaksin sendiri akan dilakukan di 26 Puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan. 

"Untuk kelompok ini yang sudah ada datanya jadi memudahkan pendataan, seperti para pensiunan di Pepabri dan PWRI. Jadi data mereka ini sudah mengelompok dan ada di kecamatan-kecamatan, termasuk sudah ada koordinatornya, sehingga lebih memudahkan pula untuk memobilisasinya," katanya. 

Mengenai mekanisme pendaftaran bagi lansia, ada dua cara, yakni dibuatkan aplikasi khusus supaya bisa mendaftar. Selain itu, Dinkes akan pro aktif meminta data dari Disdukcapil baru kemudian dikirim ke Puskesmas untuk dipilah, sehingga yang belum bisa mendaftar akan diundang melalui pemerintah desa masing-masing. 

"Sampai saat ini, jumlah orang di Kabupaten Temanggung yang sudah divaksin untuk dosis pertama di kalangan tenaga kesehatan ada sebanyak 2.849 orang, pelayan publik sebanyak 5.433, ditambah lansia tenaga medis dan tokoh agama sebanyak 101 orang. Sedangkan dosis 2 untuk tenaga kesehatan mendapatkan 2.365 orang, ditambah hari ini untuk pelayanan publik, tapi datanya belum terjumlah. Begitu seterusnya bertahap nanti sampai ke masyarakat umum," terangnya.

Adapun untuk link pendaftaran vaksinasi dapat diakses di tautan http://bit.ly/VaksinLansiaTemanggung. (MC TMG/Arya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top