Iklan Layanan Masyarakat

SMP N 1 Temanggung Kembangkan Kurikulum KTSP 2013 New Normal

Rabu, 01 Jul 2020 08:32:33 2124

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter -Menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi serta mengikuti perkembangan sesuai perubahan peraturan, maka Sekolah Menengah Pertama  Negeri (SMP N) 1 Temanggung mengadakan In House Training (IHT) Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013 New Normal Pendidikan SMP Negeri 1 Temanggung Tahun 2020/2021.Demikian yang disampaikan oleh Slamet Pujiyono, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Temanggung, saat ditemui Selasa siang (30/6/2020) disela-sela pelaksanaan IHT. 

Diadakannya IHT yang dimulai sejak Tanggal 29 Juni 2020 ini dilatar belakangi oleh banyaknya kurikulum yang harus dikembangkan sebagai instrument agar peserta didik menjadi manusia yang berkualitas dan proaktif di zaman ini. Selain itu agar menjadi manusia terdidik yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta manusia yang demokratis dan bertanggung jawab. IHT pengembangan KTSP 2013 akan berakhir pada Tanggal 2 Juli 2020 dengan peserta seluruh guru dan karyawan dari SMP Negeri 1 Temanggung.

Slamet Pujiyono menjelaskan bahwa selain pengembangan KTSP 2013, IHT ini juga akan membahas tentang rencana pembelajaran pada murid di era new normal. Perubahan-perubahan yang akan dilakukan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMP N 1 Temanggung diantaranya tentang standar protokol kesehatan, KBM dengan tatap muka hingga jam pelajaran siswa.

“Untuk jam pelajaran pada era new normal ini, seminggu tiap mata pelajaran hanya 2 jam pelajaran saja”, jelasnya.

Kebijakan 2 jam pelajaran tersebut hanya untuk KBM dengan tatap muka. Dan apabila ada mata pelajaran yang lebih dari 2 jam dalam seminggu, sisa jam pelajaran akan dilaksanakan dengan cara daring atau dalam jaringan, sama seperti yang selama ini sudah dilakukan saat pandemi Covid-19. Meskipun demikian, materi yang akan disampaikan kepada murid tidak ada pengurangan. Hanya saja akan dilakukan pemilihan materi yang harus dilakukan dengan tatap muka dan yang masih bisa diberikan dengan daring.

“Untuk Masa Orientasi Siswa (MOS) sendiri kita menunggu keputusan yang berwenang, apakan nanti kita boleh tatap muka seperti yang direncanakan pada era new normal ini atau tidak”, tambah Slamet.

Ia juga mengatakan bahwa proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP N 1 Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021 ini berjalan dengan sukses tanpa ada halangan dengan menerima 276 siswa baru yang akan dibagi menjadi 9 kelas. 
(MC TMG/Cahya:Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top