Iklan Layanan Masyarakat

Bappeda Temanggung Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2022

Kamis, 19 Nov 2020 08:25:23 133

Keterangan Gambar : Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2022. Hal ini dimaksudkan agar perencanaan pembangunan sesuai dengan aspirasi masyarakat dari bawah. Rabu (18/11/2020).


Temanggung, MediaCenter - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2022. Hal ini dimaksudkan agar perencanaan pembangunan sesuai dengan aspirasi masyarakat dari bawah. 
"Kenapa rancangan awal RKPD 2022, dimulai sekarang, sebab rancangan awal ini sebagai dasar nanti pada saat Musrenbang tingkat kecamatan yang akan kita mulai Bulan Januari 2021. Melalui rancangan awal RKPD 2022 ini nantinya koridornya jelas sesuai dengan tema tahunan di 2022 termasuk pagunya," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo, Rabu (18/11/2020).
Menurut Ripto meski pagunya indikatif, sehingga belum pasti, akan tetapi paling tidak sudah bisa menjadi gambaran untuk perangkat daerah. Dari sini bisa diketahui, misalnya kecamatan sudah punya perkiraan angkanya, termasuk tema dan arahnya sebagai awal perencanaan 2022.
Ia menyampaikan dalam konsultasi publik ini sebenarnya semua unsur diundang, akan tetapi karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka yang diundang langsung di Bappeda hanya sebagian dan lainnya melalui virtual. Pesertanya antara lain, perangkat daerah, camat, komponen masyarakat, dan akademisi.
Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo menyampaikan bahwa RPJMD Kabupaten Temanggung Tahun 2018-2023 sebagai dasar untuk pembangunan 5 tahun kedepan dengan tema Tahun 2022 akan membentuk percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, pengurangan kemiskinan, dan pembangunan berkelanjutan.  Prioritasnya adalah optimalisasi reformasi birokrasi, menguatkan percepatan pengurangan kemiskinan, pembangunan wilayah berkelanjutan, dan percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan.
Ia menyampaikan penyusunan rancangan awal RKPD sebagai bagian dari perencanaan pembangunan daerah merupakan titik awal rencana pembangunan Tahun 2022 dan merupakan forum untuk menampung aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan rencana pembangunan daerah dalam upaya meperkaya RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2022. Serangkaian upaya telah dilakukan dalam rangka pengusulan rencana pembangunan diantaranya Musrenbang tingkat kelurahan, dari Tanggal 14-27 Oktober 2020, banyak masukan dari kegiatan ini untuk diakomodir dalam dokumen RKPD Tahun 2022.
"Artinya, apa yang telah dilaksanakan Tahun 2020 dan akan dilakukan Tahun 2021 nanti tetap berlanjut pada Tahun 2022, dengan tema dan target-target yang telah ditetapkan. Selain itu, evaluasi kinerja pembangunan selama Tahun 2020 triwulan III juga sudah kita identifikasi, catatan-catatan yang bisa diperbaiki pada 2021 akan langsung diperbaiki, namun yang belum bisa akan disempurnakan pada Tahun 2022,"katanya. (MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top