Iklan Layanan Masyarakat

Sebanyak 445 Mahasiswa ISI Surakarta Laksanakan KKN di Temanggung
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi Wisata Alam Wisata Kuliner INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL


Sebanyak 445 Mahasiswa ISI Surakarta Laksanakan KKN di Temanggung admin 25 Jul 2018 91
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter – Rabu (25/7), total 445 mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta tiba di gedung Graha Bumi Phala lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung.

Mahasiswa KKN ini akan ditempatkan di 9 kecamatan yang terbagi dalam 31 desa di Kabupaten Temanggung meliputi Kecamatan Kedu, Gemawang, Kaloran, Tembarak, Kandangan, Kranggan, Ngadirejo, Bulu dan Selopampang.

Menurut Pramutomo, Wakil Rektor Tiga Bidang Kemahasiswaan ISI Surakarta, mahasiswa yang diterjunkan terdiri dari 2 fakultas yaitu Fakultas Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain yang berasal dari 11 program studi S1 dan 2 program studi D4.

Pramutomo mengatakan bahwa KKN tahun ini adalah tindak lanjut dari MoU antara pemerintah Kabupaten Temanggung dengan ISI Surakarta nomor 420.2/07/VII/2018 tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sedangkan tujuan KKN adalah untuk melaksanakan dharma pengabdian dengan pemberdayaan masyarakat Desa secara berkelanjutan. Dari berbagai macam kompetensi yang ada dimasing-masing mahasiswa akan disesuaikan dengan potensi yang ada di desa yang akan dituju. Desa Mergowati Kecamatan Parakan adalah salah satu desa yang sudah melakukan kerja sama riset dan pengabdian masyarakat dengan ISI Surakarta pada tahun lalu dan dilanjutkan pada tahun ini.

Pramutomo juga menjelaskan bahwa masyarakat Temanggung khususnya desa-desa yang menjadi lokasi KKN tahun lalu menghendaki atau meminta kembali kepada ISI Surakarta untuk menerjunkan kembali mahasiswanya agar bisa mendampingi masyarakat desa dalam pengembangan seni budaya di daerahnya.

Kami memilih Temanggung karena Temanggung mempunyai MoU kerjasama, selain itu desa-desa yang menjadi lokasi penerjunan KKN pada tahun lalu menghendaki untuk dilakukan penerjunan KKN kembali dari ISI Surakarta untuk mendampingi dalam mengembangkan seni budaya di daerahnya”, ungkap Pramutomo.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, ISI Surakarta akan melakukan pola pendampingan yang bersifat pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat.

Bupati Temanggung yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Suyono menyampaikan apresiasi kepada ISI Surakarta yang sudah menerjunkan mahasiswanya untuk membantu masyarakat desa yang ada di Kabupaten Temanggung.

Mudah-mudahan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Temanggung, sehingga pemuda pemudi di Temanggung menjadi lebih kreatif dan mempunyai banyak inovasi untuk mengembangkan seni budaya didaerahnya masing-masing”, ungkap Suyono.

(MC TMG/Penulis: Aji, Foto: Agung, Editor: Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top