Iklan Layanan Masyarakat

Wujudkan Kader Keamanan Pangan, SMK N 1 Temanggung Implementasikan PJAS dalam Program P5

Rabu, 17 Jan 2024 08:51:54 172

Keterangan Gambar : Wujudkan Kader Keamanan Pangan, SMK N 1 Temanggung Implementasikan PJAS dalam Program P5


Temanggung, MediaCenter - SMK Negeri 1 Temanggung menyelenggarakan Gelar Aksi Nyata dalam Program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang diikuti oleh 539 siswa-siswi kelas X jurusan ATP, ATHP, dan Kimia Analisis, serta Festival Jajanan Anak Sekolah sebanyak 15 stand dari perwakilan siswa-siswi kelas XI jurusan ATP, ATHP, dan Kimia Analisis di Gedung Serba Guna SMK N 1 Temanggung, Senin (15/1/2024) pagi. 

Dengan mengusung tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya: Aman Panganku, Sehat Ragaku, Jernih Pikirku, Raih Masa Depanku", Kepala SMK N 1 Temanggung, Tri Setya Budi menjelaskan, bahwa dalam Gelar Aksi Nyata P5 ini juga merupakan implementasi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS). 

Sesuai dengan Surat dari Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang tanggal 20 Desember 2023, telah menunjuk SMK N 1 Temanggung sebagai peserta lomba PJAS tingkat Nasional Tahun 2024 mewakili Provinsi Jawa Tengah. 

"Beberapa hal yang menguatkan penunjukan sekolah kita ini maju ke tingkat nasional adalah SMK Negeri 1 Temanggung telah berhasil meraih Sumbing Sindoro (SuSi) Innovation Award dari Bupati Temanggung sebagai sekolah terinovatif di Kabupaten Temanggung Tahun 2022," ungkapnya. 

Adapun tujuan diselenggarakan Gelar Aksi Nyata adalah diterapkannya enam dimensi karakter P5 pada diri peserta didik, serta pembiasaan peserta didik untuk peduli terhadap keamanan pangan sehari-hari melalui kegiatan sosialisasi keamanan pangan dan pembiasaan membawa bekal sehat, aman, terjaga setiap hari. 

"Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menjadi yang memiliki karakter pribadi P5, mampu membiasakan berbagai kegiatan yang menjadikan raganya sehat dan pikiran yang jernih, sehingga bisa meraih masa depan sesuai yang diharapkan," jelas Tri Setya Budi. 

Pj. Bupati Temanggung yang diwakili oleh Asisten III Setda bidang Administrasi Umum, Eko Suprapto, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas Gelar Aksi Nyata P5 SMK N 1 Temanggung. 

"Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan jelas semua ini berkat kerja keras, kerja cerdas dari Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Pendidik, dan anak-anak ku semua, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Saya yakin SMK Negeri 1 Temanggung kedepan akan jauh lebih baik lagi, dan kami yakin, bahwa SMK Negeri 1 Temanggung ini sebagai salah satu SMK yang memiliki keahlian di bidang pangan, yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (ATHP) yang akan mampu mengimplementasikan program keamanan pangan jajanan anak usia sekolah ini dengan baik," tandas Asisten III Setda. 

Selanjutnya Eko Suprapto berharap, agar kader keamanan pangan dapat mengedukasi satuan pendidikan lainnya dan juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keamanan pangan, khususnya pada jajanan anak-anak sekolah. 

"Saya berharap kader keamanan pangan yang ada di SMK Negeri 1 Temanggung ini terus aktif dalam melakukan edukasi kepada satuan-satuan pendidikan yang lain dan mengedukasi kepada masyarakat. Ini yang perlu ditekankan, yakni mengedukasi kepada masyarakat. Jangan sampai sing penting payu, sing penting laris tapi mengabaikan kesehatan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa," pungkasnya. 

Acara Gelar Aksi Nyata dibuka oleh Asisten III Eko Suprapto secara simbolis dengan pemukulan kentongan. 

Siswi kelas X yang mengikuti Gelar Aksi Nyata P5 juga diberikan Tablet Tambah Darah dan diminum serentak, sedangkan siswa kelas X diberikan susu yang juga diminum secara serentak di Gedung Seba Guna SMK N 1 Temanggung. (Nin;Svi;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top