Iklan Layanan Masyarakat

Wisatawan Mancanegara Antusias Pelajari Tarian Dari Temanggung
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 16 Sep 2019 90
Blog single photo


Temanggung, MediaCenter –‎ Dua wisatawan asal Republik Ceko Catherine dan Dorothy ikut belajar menari Tarian Wanara (monkey dance) di situs peninggalan Purbakala Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung
seusai acara pengambilan video promosi budaya. Dua wisatawan asal republik Ceko ini kebetulan sedang mengunjungi candi yang masih banyak menyimpan misteri tersebut. Turis tersebut melihat para penari yang sedang mempertunjukan keahliannya dalam tari tradisional Konceran, sehingga tertarik untuk ikut belajar menari bersama.
Akan tetapi menurut pengarah koreografi Tari Konceran, Dwi Widodo menjelaskan dalam wawancara, bahwa pihaknya tidak mengajarkan Tari Konceran namun mengajarkan Tari Wanara.
“Tarian Wanara merupakan tarian aktraktif yang sering digunakan untuk ajang promosi daerah Kabupaten Temanggung sebagai Kota Hokya (Kota Kuda Lumping), karena gerakan tariannya yang sederhana dan dapat dengan mudah diajarkan,” imbuhnya, Jumat (13/9/2019).
Menurut Catherine dan Dorothy, ini merupakan pengalaman pertama ikut belajar menari tradisional dari Indonesia, khususnya berasal dari Kabupaten Temanggung.
"Kami merasa senang dan tidak menyangka mendapatkan kesempatan belajar menari di tempat yang bersejarah dengan background alam yang begitu memukau. Ini sungguh pengalaman yang luar biasa,” jelas kedua Turis asal Republik Ceko tersebut.
Sedangkan ditemui seusai apel pagi Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung Wara Andjani menjelaskan, bahwa kegiatan pengambilan video untuk tarian Konceran tersebut untuk lebih menunjang Wisata Budaya yang ada di Situs Liyangan sekaligus memperkenalkan objek wisata di sana.
“Dengan adanya video promo Tari Konceran yang sempat meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah semoga mampu menarik minat wisatawan dari luar daerah dan mancanegara,” paparnya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor:Ekp )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top