Iklan Layanan Masyarakat

Umat Lintas Agama Ikuti Grebek Maulud Seribu Tumpeng di Kaloran Temanggung

Kamis, 05 Okt 2023 17:29:05 352

Keterangan Gambar : Umat Lintas Agama Ikuti Grebek Maulud Seribu Tumpeng di Kaloran Temanggung


 Temanggung, Media Center - Grebek Maulud seribu tumpeng masjid Gede Kauman, Kecamatan Kaloran, Temanggung, digelar warga Desa Kaloran, Kecamatan Kaloran, Temanggung pada Kamis (5/10/2023) siang. 

Tidak hanya umat Islam, umat lintas agama dan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa di daerah tersebut saling bahu membahu untuk mensukseskannya. Bahkan mereka menjadi peserta dalam grebek tersebut.

Ketua Panitia Ahmad Syarif Yahya mengatakan, keikutsertaan umat lintas agama dan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bukti terciptanya kerukunan, kebersamaan dan toleransi yang tercipta di Kecamatan Kaloran, Temanggung. 

"Kecamatan Kaloran masyarakat plural, ada Islam, Buddha, Kristen dan Katholik, serta Sapto Darmo. Pada perayaan maulid ini semua mengikuti dan turut serta," kata Ahmad Syarif Yahya, yang juga anggota DPRD Kabupaten Temanggung. 

Ia mengatakan, yang bisa ditonjolkan di Kecamatan Kaloran keberadaan tempat ibadah seperti masjid, gereja dan vihara di daerah tersebut, yang diantaranya bisa dilihat di sepanjang jalan Kaloran ini. 

"Keistimewaan Kaloran adalah kebersamaan dan masyarakat hidup rukun. Keberadaan grebek ini sekaligus bukti kerukunan dan juga sebagai media untuk ukhuwah wathoniyah," tuturnya.  

Grebek Maulud disampaikannya, bertujuan untuk nguri-nguri kebudayaan dan tradisi Jawa yang pada bulan maulud menggelar peringatan untuk menyambut kelahiran Nabi Muhammad. 

Disampaikan olehnya, beda dengan grebek maulud seribu tumpeng, pada Kamis malam digelar acara ritual khusus di masjid Gede Kauman, acara ini khusus warga muslim. 

Ia mengatakan, untuk peserta Grebek Maulud seribu tumpeng ini, diikuti warga Desa Kaloran dan sejumlah masyarakat di luar desa tersebut.  

Camat Kaloran Yuli Riastiana menyampaikan apresiasi yang luar biasa pada panitia dan warga, sebab membuktikan adanya kerukunan, harmonisasi dan toleransi warga.

"Warga sangat antusias dalam mengikuti acara ini," katanya. 

Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah dan semakin membuktikan kecintaan pada NKRI.(MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top