Iklan Layanan Masyarakat

Turis Asing Kunjungi Situs Purbakala Liyangan Temanggung
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 16 Sep 2019 42
Blog single photo

Temanggung, MediaCenterDua Wisatawan dari Republik Ceko, Catherine dan Dorothy menyempatkan mengunjungi situs Purbakala Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, Jumat (13/9/2019).

Dijumpai disela-sela menikmati pemandangan yang sangat cerah dengan berlatar Candi Liyangan, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, dua wisatawan dari Republik Ceko sedang asik berswafoto dan mengabadikan kunjungannya di tempat yang masih menyimpan banyak misteri yang belum terkuak.

Dalam wawancara dengan salah satu wisatawan bernama Dorothy (26) menjelaskan tujuannya datang ke lokasi wisata Candi Liyangan untuk melihat secara lebih dekat bagaimana keadaan dari candi tersebut.

“Karena kami selain menjadi relawan di salah satu sekolah lokal. Kami sangat tertarik dengan kebudayaan Indonesia, khususnya di Kabupaten Temanggung. Oleh karena itu guru sekolah tersebut mengajak kami kemari,” ucapnya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Dorothy juga menambahklan, sesampainya di lokasi Candi Liyangan sangat terpukau dengan peninggalan yang belum seutuhnya terungkap ditambah dengan panorama Gunung Sindoro dan Sumbing yang menjadikan lokasi tersebut lebih menarik untuk dikunjungi walaupun hanya berfoto bersama.

“Menurutku ini sangat keren. Walaupun tidak sengaja ditemukan ketika menambang pasir, seperti yang diceritakan oleh guru itu. Karena sudah terkubur sejak lama,” pungkasnya dengan ekpsresi kagum.

Sedangkan temannya yang bernama Catherine (27) menyarankan, untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang, supaya wisatawan yang berkunjung dapat lebih menikmati cagar budaya dengan keindahan alam yang disuguhkan di lokasi Candi Liyangan.

“Jika ingin mendatangkan wisatawan dari kota besar ataupun turis mancanegara, mungkin bisa menyediakan bus (transportasi) ditambah mungkin punya makanan atau apa saja yang unik, yang mungkin bisa dijadikan souvenir,” imbuhnya.

“Pada dasarnya pengunjung ingin merasa nyaman, mereka dapat mendapatkan yang mereka butuhkan. Atau bahkan menyediakan tour guide, untuk menceritakan tentang tempat ini, tempat untuk makan dan minum,” paparnya sebelum mengakhiri wawancara. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top