Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Penyampaian Informasi, DKPPP Adakan Bimtek Jurnalistik dan Fotografi

Rabu, 21 Jun 2023 17:00:49 241

Keterangan Gambar : Tingkatkan Penyampaian Informasi, DKPPP Adakan Bimtek Jurnalistik dan Fotografi


Temanggung, Media Center - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung menggelar Bimtek Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bagi penyuluh pertanian, bertempat di RM Griya Serba Sapi, Wonokerso, Tembarak, Temanggung, Rabu (21/06/2023).

Kepala DKPPP Joko Budi Nuryanto, Kepala Dinkominfo Gotri Wijianto Wuriatmojo, narasumber Pranata Humas Ahli Muda Dinkominfo Eko Kus Prasetyo, dan para penyuluh pertanian dari 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Dinkominfo Gotri Wijianto mengingatkan, bahwa media sosial saat ini sangat penting, seiring perkembangan zaman yang semakin maju. Alat yang digunakan pun berubah, yang dulunya serba tradisional, saat ini cukup konten, kemudian diupload di media sosial dan dishare melalui group whatsapp.

"Saya mengapresiasi teman-teman DKPPP atas kegiatan ini. Selain membuat berita dan konten, juga nantinya media sosial jadi aktif dengan berita-berita yang bapak, ibu buat, terutama website resminya, karena bisa mengenalkan ke masyarakat, kalau dinas-dinas di Temanggung mempunyai website, salah satunya memperkenalkan kegiatan yang sedang dilakukan," ungkapnya.

Ditambahkan Eko Kus Prasetyo selaku narasumber, bahwa di era digital, terutama era media sosial, kita dituntut untuk membuat konten-konten yang kreatif, agar orang tertarik untuk melihat, membaca dan menonton, sehingga bisa menarik untuk like, view dan share.

"Sekarang eranya digital, semua orang bisa jadi wartawan, walaupun profesi pekerjaannya bukan wartawan, jurnalistik itu perlu kebiasaan, jam terbang tinggi, lama-kelamaan akan terbiasa dengan sendirinya," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pada dasarnya, pemberitaan itu ada dua macam, yaitu good news dan bad news, sehingga dalam pembuatan berita terkonsep sesuai dengan keadaan dan realitas yang sedang diliput saat itu.

"Karena kita di birokrasi, rata-rata yang teman-teman liput itu kegiatan dinas dan sifatnya umum, maka beritanya tergolong good news atau berita baik, sehingga tersalurkan ke masyarakatpun juga baik, bisa berdampak positif," tuturnya.

Di sela-sela kegiatan, Kepala DKPPP Joko Budi Nuryanto berpesan, agar para penyuluh pertanian kecamatan bisa mengikuti kegiatan ini secara serius dan maksimal, karena ini sangat berguna nantinya untuk mengabadikan kegiatan-kegiatan penyuluhan di masing-masing kecamatan.

"DKPPP kolaborasi dengan Dinkominfo khusus untuk menyampaikan pengalamannya dalam hal media jurnalistik, baik pemberitaan, maupun pengambilan foto dan video yang relevan sesuai kaidah jurnalistik, sehingga teman-teman penyuluh bisa mempraktikkan di lapangan dan hasilnya bisa diupload di media sosial," tandasnya. (MC.TMG/Mus;Tik;Koes)

Pencarian:

Komentar:

Top