Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Literasi, Perpusling Temanggung Sasar Seratus Titik

Senin, 31 Jul 2023 10:20:34 291

Keterangan Gambar : Tingkatkan Literasi, Perpusling Temanggung Sasar Seratus Titik


Temanggung, Media Center - Program Perpustakaan Keliling (Perpusling) yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menargetkan 100 titik. 

Pustakawan Pelaksana, Khusniyatul Dzhuriah mengatakan, program Perpusling tersebut memiliki nama Tamasya Pustaka. Adapun Perpusling membuka layanan di tempat, tukar pinjam buku, dan pelayanan untuk mendongeng. 

"Dalam satu hari bisa menjangkau dua titik dengan dua armada. Sementara untuk layanan mendongeng itu biasanya kalau ada permintaan saja," katanya. 

Operasional Perpusling sendiri dari hari Senin hingga Kamis dengan durasi menyesuaikan dengan tempat atau titik yang didatangi. 

"Paling tidak minimal satu jam. Karena kalau kunjungan ke sekolah-sekolah itu banyak siswa yang antusias," ujarnya. 

Dinpusip Kabupaten Temanggung memiliki koleksi buku total 45 ribu koleksi. Sedangkan untuk koleksi di e-Pusda Temanggung baru terdapat 400 judul buku. 

Khusniyatul menyebutkan, tingkat literasi yang ada di Temanggung masih perlu ditingkatkan kembali. Terutama tingkat literasi di desa-desa. 

"Karena di desa itu banyak antusias dan banyak yang tidak. Tergantung dari perangkat desa mendukung atau tidak," jelasnya. 

Tidak hanya itu, kebanyakan dari warga desa lebih menyukai tentang buku-buku tips dan trik, serta tentang kewirausahaan. Sedangkan anak-anak sekolah lebih menyukai buku-buku fiksi dan cerita. 

"Untuk tiga terakhir itu, kami dari Perpusda tidak ada pengadaan koleksi, karena untuk pengadaan kan kemarin terserap untuk penanganan pandemi dan anggarannya dipangkas," ungkapnya. 

Selain itu, kendala lainnya terkait dengan titik lokasi yang memiliki medan yang ekstrem. Namun, hingga saat ini Perpusling bisa menjangkau seluruh titik yang ada. 

"Kalau untuk titik-titik tersebut sebenarnya ada permintaan dan kita mengadakan MoU. Kalau yang belum MoU dengan Perpusda belum kita datangi," jelasnya. 

Dalam upaya meningkatkan literasi, pihaknya terus berkeliling ke seluruh titik di Kabupaten Temanggung. Serta untuk penambahan armada sudah diajukan ke Perpusnas. 

"Dari Perpusda sendiri, kita bekerja sama dengan pihak lain seperti pelatihan-pelatihan untuk menarik anak-anak membaca buku di Perpusda," pungkasnya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top