Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Keterampilan, Dharma Wanita Berlatih Shibori

Sabtu, 12 Feb 2022 12:08:34 919

Keterangan Gambar : Ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan mengikuti pelatihan shibori dan pewarnaan kain menggunakan pewarna alam di Rumah Dinas Sekda, Jumat (11/2/2022).


Temanggung, MediaCenter -  Guna meningkatkan keterampilan dan menambah pengetahuan, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Temanggung mengikuti pelatihan shibori dan pewarnaan kain menggunakan pewarna alam.

Pelatihan dengan bimbingan dari Tim Shibiru Temanggung digelar di Rumah Dinas Sekda, selama dua hari, Jumat (11/2/2022) hingga Sabtu (12/2/2022). 

Sekda Hary Agung Prabowo yang meninjau pelatihan bagi DWP ini, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Pasalnya, dengan begini akan menambah keterampilan bagi kaum hawa, sehingga bisa meningkatkan daya juang, daya kreativitas. Bahkan diharapkan dari sini bisa menjadi stimulus kemandirian bagi ibu rumah tangga dalam hal perekonomian. 

"Dengan pelatihan ini, ibu-ibu Dharma Wanita bisa eksis mengembangkan semuanya, sehingga ke depan para ibu tidak hanya berpangku kepada suami, tapi bisa mandiri dan mengembangkan diri untuk kesejahteraan keluarganya. Ke depan kalau memang bagus, akan kita dorong ASN untuk membeli produk dari Dharma Wanita. Pewarna alam ini salah satu potensi Temanggung yang luar biasa," ujarnya.

Ketua DWP Kabupaten Temanggung, Indira Prasmini menuturkan, tujuan pelatihan ini untuk menambah keterampilan bagi anggota Dharma Wanita. Harapannya, ke depan dengan memiliki skill bisa membantu perekonomian keluarga. Pelatihan pewarna alam ini juga atas saran dari Bappeda.

"Tujuan pelatihan ini untuk memberikan keterampilan anggota Dharma Wanita supaya bisa membantu perekonomian keluarga juga bisa menularkan ilmunya kepada sekitarnya, kemudian harapan kami hasil pelatihan ini akan terus berlanjut dan membuahkan hasil sampai ada pemesanan. Pelatihan untuk kemandirian anggota DWP dan juga karena arahan Bappeda ini karya dari Temanggung, sehingga kita ingin ikut berpartisipasi memunculkan pewarnaan shibori,"  katanya.

Adapun Tim Shibiru yang melatih terdiri dari Fatah Syaifur Rochman, Lia Ardianti, Intan Herwindra Millyaningrum, Peni Dinar Sumirat, Muchamad Afan Nurohman, dan Novi Nur. Sebelum praktik pewarnaan, para peserta diberikan pengetahuan tentang teori, kemudian langsung praktik membuat pola dan perwarnaan kain menggunakan pewarna alami dari tanaman strobilanthes cusia yang dapat menghasilkan pigmen warna biru indigo tajam dan berkualitas.

"Bahan pewarnanya alami dan ini produk Temanggung. Mudah-mudahan nanti kami bersama yang pernah kami latih kami libatkan, menunjukkan Temanggung membuat motif kain terpanjang di Indonesia," kata Fatah.(MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top