Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Melalui Jarkom Kominfo News Room

Senin, 23 Jun 2023 13:25:03 260

Keterangan Gambar : Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Melalui Jarkom Kominfo News Room


Yogyakarta, MediaCenter - Dalam rangka meningkatkan kemampuan jurnalistik, pengelola Media Center 
Temanggung mengikuti kegiatan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Pengelolaan Media, di Novotel Suites Yogyakarta, 22-24 Juni 2023.

Kegiatan dengan tema “Cepat dan Efektif Hasilkan Konten Jurnalistik” tersebut diikuti oleh pengelola media center dari berbagai daerah, baik daring maupun luring. Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong pada Jum'at (23/6/2023), dilanjutkan penyampaian materi dari praktisi media Maya Herawati dengan tema “Menulis Berita Online yang Memikat”, dilanjutkan materi kedua oleh Redaktur Infopublik.id Moh. Taofiq Rouf dengan tema “Berita Berdasarkan Data dan Fakta.”

"Dalam menulis kita posisikan diri kita sebagai pembaca. Berita sudah pasti sebuah informasi, tetapi sebuah informasi belum tentu menarik sebagai berita," ungkapnya. 

Sebagai media informasi yang dikelola oleh pemerintah, selain 5W1H (What, When, Who, Where, Why dan How) media center juga harus menyampaikan nilai 3E plus 1N

"Selain 5W dan 1H, mediacenter harus menyampaikan 3E plus 1N, yaitu educating (mendidik), enlightening (mencerahkan), empowering (memberdayakan) dan nationalism (menjunjung tinggi nasionalisme)," tandas Moh. Taofiq Rouf. 

Dari 147 provinsi/kabupaten/kota kontributor berita daerah di portal infopublik.id, media center Temanggung berada di peringkat 32 kontributor paling aktif dengan jumlah berita publish 307 untuk periode Januari - Mei 2023.(MC TMG/sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top