Iklan Layanan Masyarakat

Temui Pj. Bupati Temanggung, Bawaslu Sampaikan Netralitas ASN dalam Pemilu

Rabu, 04 Okt 2023 13:46:02 391

Keterangan Gambar : Temui Pj. Bupati Temanggung, Bawaslu Sampaikan Netralitas ASN dalam Pemilu


Temanggung, MediaCenter- Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menerima kunjungan anggota Bawaslu Kabupaten Temanggung periode 2023-2028 di Ruang Gajah, Pendopo Jenar, Rabu (4/10/2023). 

Rombongan Bawaslu dipimpin Ketua Bawaslu Temanggung Roni Nefriyandi menyampaikan beberapa hal terkait Pemilu dan Pemilukada yang akan datang. Ditegaskan terkait netralistas ASN dalam Pemilu dan Pemilukada. 

Ketua Bawaslu Temanggung Roni Nefriyandi mengatakan, netralitas ASN dalam Pemilu merupakan sebuah keharusan. Hal itu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014.  Maka dalam Pemilu ke depan diperlukan kerjasama dengan semua elemen, termasuk pemerintah daerah. 

“Sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 ASN itu memang harus netral. Terkait hal itu kita sudah menerima surat edaran dari Kemendagri Nomor 18 Tahun 2023, isinya melarang ASN untuk like, subscribe, mapun memberikan emot di medsos Parpol, maupun peserta Pemilu,” katanya. 

Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menegaskan, bahwa pada proses tahapan Pemilu, baik Pemilu Presiden, Pileg, maupun Pilkada, ia meminta ASN bersikap netral. Hal tersebut sangat penting untuk kondusivitas wilayah. Bahwa ASN, perangkat desa, kepala desa itu harus bersikap netral. 

Ke depan kita akan bekerjasama dengan Bawaslu untuk kolaborasi, bersinergi supaya seluruh ASN tidak ikut dalam ranah politik dan tidak terjadi gesekan, termasuk di media sosial. 

“Siapapun ASN yang bergerak dalam ranah politik akan kita tindak, regulasinya sudah jelas, bahkan sanksi terberatnya bisa dilakukan pemecatan. Nanti kita kita akan lakukan imbauan tertulis kepada ASN, seluruh kepala desa, perangkat, kedua ada MoU pernyataan sikap bahwa seluruh ASN harus netral,” tegasnya. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top