Iklan Layanan Masyarakat

Temanggung Raih Pemenuhan Tingkat Kematangan UKPBJ Level 3 Proaktif

Selasa, 28 Nov 2023 14:45:55 192

Keterangan Gambar : Temanggung Raih Pemenuhan Tingkat Kematangan UKPBJ Level 3 Proaktif


Boyolali, MediaCenter -  Pj. Bupati Temanggung yang diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Manda Kartiko, hadir secara pribadi dalam pembukaan Rapat Koordinasi UKPBJ Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dengan Tema Transformasi Pengadaan Barang/Jasa sebagai Akselerator Pembangunan Berkelanjutan, Selasa (28/11/2023), bertempat di Gedung Muzdaliffah Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. 

Acara yang berlangsung Selasa - Rabu (28-29/11/2023) ini, diikuti oleh perwakilan 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah, terdiri dari Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda kabupaten/kota bersama dengan Staf Jabfung PPBJ. Keynote Speech dari Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi dan dibuka oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarmo.

Kegiatan ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selaku Wakil Pemerintah Pusat yang berkedudukan di daerah, untuk mengimplementasikan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2023 dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, bahwa Presiden mengintruksikan untuk mengalihkan proses Pengadaan Manual menjadi Pengadaan Secara Elektronik paling lambat Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Jateng Sumarmo berharap di UKPBJ ini, karena memiliki amanah yang harus dijalankan dan amanah ini tidak hanya dipertangungjawabkan kepada atasan, tetapi yang lebih utama dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Tuhan YME.
 
“Karena kalian semua dipercaya oleh pemerintah untuk melakukan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kami berharap, bahwa kalian semua mempunyai rasa memilikinya,” harapnya.

Rapat koordinasi UKPBJ kabupaten/kota se-Jawa Tengah dengan materi Transformasi Pengadaan Barang/Jasa oleh Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP RI, Strategi dan Arah Pengembangan SDM PBJ oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM LKPP RI, Strategi Pengelolaan Katalog Konstruksi dalam PBJ oleh Deputi Bidang Pengembangan Strategi dan Kebijakan LKPP RI, Mitigasi Resiko Persengkongkolan dan Persaingan Usaha dalam Pengelolaan PBJ oleh Kepala KPPU Kantor Wilayah VII Yogyakarta dan Best Practice Pengelolaan PBJ dalam Etalase Kontruksi Katalog Lokal oleh Kepala UKPBJ Kabupaten Kebumen.

Adapun tujuan diadakan Rakord ini sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antar UKPBJ di Jawa Tengah dalam pelaksanaan transformasi pengadaan barang/jasa sebagai akselerator pembangunan berkelanjutan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan indek tata kelola pengadaan, serta percepatan transformasi pengadaan barang/jasa dalam meningkatkan kualitas pengadaan barang jasa pemerintah.

Selain Rakord, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan UPBJ Proaktif  dan Pemanfaatan Sistem Informasi PBJ, untuk Kategori Capaian Pemenuhan Tingkat Kematangan UKPBJ Level 3 (Proaktif) 2023, terdapat 12 kabupaten/kota di Jawa Tengah, dan salah satunya adalah Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/tik;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top